Mohon tunggu...
Andri Kurniawan
Andri Kurniawan Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

Tulislah apa yang kamu pikirkan, cintailah apa yang menjadi milikmu. Kita semua berjalan menuju kesuksesan dengan caranya masing-masing, sebab ada yang harus dinanti, didoakan, serta diusahakan.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Waspada, Aksi Pelecehan Seksual Semakin Marak di Kereta Api, Tidak hanya Menyasar Perempuan!

3 September 2022   08:00 Diperbarui: 3 September 2022   08:05 395 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Terlihat PT KAI sedang melakukan sosialisasi tentang anti pelecehan seksual pada para penumpang (travel.detik.com)

Belakangan ini tindak pelecehan seksual sedang marak terjadi di transportasi umum, khususnya kereta api. Beberapa kejadian sempat viral di media sosial twitter, dari yang memfoto perempuan, menunjukan alat vital, sampai menggerayangi tubuh korban.

Pelecehan seksual sendiri adalah tindakan seksual merendahkan, mengganggu lewat sentuhan fisik atau nonfisik dengan sasaran organ seksual, seperti dada, pantat, hingga organ vital maupun seksualitas korban.

Beragam aduan dari pelanggan pun mulai diterima PT KAI. Para korban dan masyarakat meminta ketegasan PT KAI untuk bisa mengusut kasus pelecehan seksual yang terjadi di kereta.

Korban Perempuan dan Pria
Para korban sendiri mayoritas adalah perempuan. Mulanya kasus pelecehan seksual ini tampak hanya terjadi pada penumpang KRL, namun tidak lama berselang, mulai bermunculan kasus lain yang terjadi di kereta penumpang jarak jauh.

Para korban mengaku tidak bisa berbuat banyak ketika para pelaku sedang menjalankan aksinya di kereta. Mereka mengaku hanya bisa terdiam dan trauma atas kejadian yang mereka alami.

Sebetulnya ada beberapa kasus pelecehan seksual terhadap perempuan di kereta yang sempat viral belakangan ini, namun yang terbaru yaitu kasus yang terjadi pada penumpang kereta api eksekutif Argo Lawu (Solo-Jakarta pp).

Dalam video yang beredar tampak seorang wanita duduk berjajar dengan seorang pria. Mulanya semua berjalan seperti biasa, namun lama-kelamaan, tangan dari sang pria mulai menyentuh bagian sensitif korban.

Bentuk pelecehan seksual yang sempat viral terjadi pada penumpang kereta api Argo Lawu (suara.com)
Bentuk pelecehan seksual yang sempat viral terjadi pada penumpang kereta api Argo Lawu (suara.com)
Awalnya sang korban mengira hal tersebut adalah tindakan yang tidak disengaja, tangan pria tersebut berulah lagi. Sang perempuan pun memvideokan kejadian tersebut dan mempostingnya di twitter pribadinya.

Sang korban pun segera meminta dipindahkan menuju kursi lain, disisi lain, pelaku yang sudah viral pun langsung diminta klarifikasi dan segera mungkin minta maaf pada sang korban.

Nyatanya pelecehan seksual tidak hanya menyerang wanita, pria pun bisa terkena hal semacam ini.

Baru-baru ini kembali viral pengakuan seorang pria pengguna twitter bahwa ia sempat mengalami tindak pelecehan seksual dari sesama pria, Selasa (30/08/22) lalu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan