Mohon tunggu...
Andri Kurniawan
Andri Kurniawan Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

Caraku mencintaimu begitu sederhana, sebab saat ini dirimu tidak sanggup kugenggam, namun selalu kudoakan.

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Scorpions "Wind of Change", Lagu Sarat Cerita Sejarah!

10 September 2021   13:20 Diperbarui: 10 September 2021   13:22 197 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Scorpions "Wind of Change", Lagu Sarat Cerita Sejarah!
Logo dari grup band Scorpions (sumber: wallpaperaccess.com)

Scorpions, itulah nama band asal Jerman yang sangat terkenal pada tahun 1980 sampai 1990-an. Personil Scorpions sendiri terdiri satu vokalis, dua gitaris, satu basis dan satu drummer.

Berbagai album dan lagu telah Scorpions sejak berdiri tahun 1969. Lagu yang sangat terkenal dan sukses dari Scorpions berjudul Wind Of Change yang rilis pada tahun 1990. Selain lirik nya yang terkesan melodis dan santai. Makna dari lagu ini pun cukup dalam.

Lagu ini menceritakan sejarah dari adanya tembok Berlin yang memisahkan antara Jerman Barat dan Jerman Timur sampai dengan runtuhnya Uni Soviet atau yang kita kenal Rusia pada tahun 1989.

Dengan runtuhnya tembok Berlin, otomatis negara Jerman kini sudah menjadi negara kesatuan yang utuh berbentuk republik. Peristiwa bersatunya Jerman Barat dan Timur terjadi pada 3 Oktober 1990 bertempat di Berlin yang menjadi ibukota negara Jerman hingga saat ini.

Lima juta orang turun ke jalan untuk merayakan peristiwa bersejarah ini. Dari sini lah inspirasi lagu berjudul 'Wind Of Change' terbentuk.

Terciptanya lagu 'Wind Of Change' ini memunculkan pengertian bahwa pesan sejarah tidak harus berasal dari buku-buku yang tebal, tetapi bisa juga dengan lagu agar bisa lebih mudah dipahami serta diresapi oleh para pendengarnya.

Setelah lagu ini rilis, tepat setelah peristiwa bersatunya Jerman, Wind Of Change selalu menduduki tangga musik teratas di Jerman pada masa itu.

Dari judul saja sudah memaknai peristiwa ini. Wind Of Change atau Angin Perubahan merujuk pada perubahan negara Jerman yang awalnya terpecah belah, sekarang sudah menjadi satu kesatuan.

"Soldier passing by," lirik ini mengandung arti bahwa ada segerombolan tentara yang berlalu-lalang menjaga Berlin kala itu.

Kemudian lirik "like brothers," mengandung makna bahwa kini Jerman Timur dan Barat telah bersatu seperti saudara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Musik Selengkapnya
Lihat Musik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan