Mohon tunggu...
Andre Lolong
Andre Lolong Mohon Tunggu... Car enthusiast

Husband of a caring wife, father of two, Life learner

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Pierre Gasly Memenangkan Italian GP di Monza! Duo Ferrari Gagal Finish di Home Grand Prix

7 September 2020   02:52 Diperbarui: 7 September 2020   02:55 47 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pierre Gasly Memenangkan Italian GP di Monza! Duo Ferrari Gagal Finish di Home Grand Prix
Pierre Gasly dengan Alphatauri AT01 menyentuh finish pertama

Ada yang berbeda di Italian GP F1 di Monza pada ahad lalu. Bukan Grandstand yang tidak dipenuhi para Tifosi. Melainkan Podium yang didominasi oleh warna putih, orange dan pink! Yes. Pierre Gasly dengan Alphatauri AT01 bernomor 10 memenangkan balapan sepanjang lima puluh tiga lap itu dengan selisih 0,4 detik dari pembalap McLaren; Carlos Sainz Jr. Disusul kemudian oleh Lance Stroll dari Racing Point F1. Lalu dimana sang juara dunia enam kali Lewis Hamilton? Ia harus cukup puas dengan finish di urutan ke-7. Bagaimana ini bisa terjadi?

Diawali free Practice session hari Jumat tanggal 4 September 2020 di sirkuit legendaris; Autodromo Nazionale di Monza yang terletak sebelah utara Milan, Italia yang sudah berumur lebih dari 100 tahun itu, Lewis Hamilton dengan Mercedes AMG F1 W11 nya telah menunjukkan supremasi dengan mencetak waktu fastest lap terbaik sepanjang sejarah di Monza dan tentu saja; Pole Position. Tak ada yang meragukan bahwa Hamilton tengah berada di tahun-tahun terbaiknya. Sementara Valtteri Bottas, teammate Hamilton berada di pole ke-2. 

Autodromo Nazionale di Monza
Autodromo Nazionale di Monza

Sementara Max Verstappen dari Red Bull Racing gagal start di posisi ke-3 dan harus puas di posisi ke-5. Ia bersama team mengalami kesulitan untuk menemukan setting Rear Wing mereka yang baru. Hingga di menit-menit terakhir babak kualifikasi Q3, Sainz dan Sergio Perez dari Racing Point mencatat waktu lebih cepat dan memperoleh posisi start di depan Verstappen. Melihat McLaren dan Racing Point bisa lebih cepat dari dirinya, membuat Verstappen frustrasi dan berharap agar Team nya segera mampu mengatasi masalah aerodinamika ini. 

Lando Norris dari McLaren start di urutan ke-6, merasa kesal karena terpaut lumayan jauh dari Sainz Jr., namun sadar bahwa McLaren telah mengalami kemajuan yang cukup signifikan Race demi Race. Daniel Ricciardo yang sempat mengalami trouble pada Renault R1 nya start dari posisi ke-7.  Selanjutnya Lance Stroll dari Racing Point, Alex Albon dari Red Bull dan Pierre Gasly start di posisi ke-10. Sungguh menarik berdasarkan pantauan penulis; prakiraan Gasly naik podium di formula1.com hanyalah 18% :D

Gasly mengalami akhir pekan yang sulit di Race sebelumnya di Spa Francochamps, dengan peringatan meninggalnya teman baik Gasly; Anthoine Hubert. Jika tidak ada kejadian luar biasa atau bukan karena Safety Car, Gasly diperkirakan akan pulang dengan finish di urutan sekitar keempat atau kelima.

Lalu bagaimana dengan Duo Ferrari? Pertama kalinya di Monza sejak tahun 1984, hari ini kedua Ferrari start diluar sepuluh besar. Setelah minggu lalu di Spa, banyak yang pesimis akan performa Cavalino Rampante. Ironisnya, bahwa ini adalah balapan di Monza yang merupakan Home Grand Prix mereka. Karakter Monza yang high speed menuntut performa mobil yang punya speed dan low downforce. Jangankan bertarung dengan Mercedes AMG F1 atau Red Bull, Ferrari SF1000 dikhawatirkan tidak punya cukup horsepower untuk bertarung dengan para team papan tengah. 

Start di Italian GP 2020 di Monza
Start di Italian GP 2020 di Monza


Carlos Sainz melakukan start dengan sangat baik hingga melewati Bottas untuk merebut posisi kedua di Variante. Di belakangnya, Lando Norris menyerang Bottas melewati chicane pertama. 

Saat Start bukan awal yang baik untuk Red Bull, Verstappen turun ke posisi ke-7 dan bahkan sempat tertinggal sebentar di belakang  Racing Point milik Stroll. Sementara Alex Albon juga turun hingga posisi ke-15.

Sementara Bottas tampak sulit naik dari urutan ke-6. Ia mengeluhkan engine mode setting yang dipilih oleh para engineer.
Pada Lap 20, Hamilton merentangkan jarak hingga selisih waktu 13 detik antara dirinya dengan Sainz, yang juga berjarak 4 detik dari Norris. Duo McLaren tampak nyaman dan balapan di posisi tiga besar untuk pertama kalinya sejak 2014. 

Duo Mercedes AMG F1 W11
Duo Mercedes AMG F1 W11

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x