Komunikasi bisnis kini perkembangannya semakin pesat, mengapa? Karena di setiap orang melakukan berbisnis atau bertukar informasi pasti menggunakan komunikasi yang baik agar bisnis tersebut berjalan dengan lancar.
Bisnis dan komunikasi adalah dua hal yang saling berkaitan mengapa? Dengan berbisnis maka kita selalu membutuhkan komunikasi yang baik dan benar agar bisnis berjalan sesuai tujuan.
Ataupun definisi komunikasi bisnis yang lainnya yaitu proses penyampaiannya dan penerimaan pesan antar dua orang atau lebih. Dengan harapan terjadinya pengaruh yang positif agar bisnis yang kita jalankan menjadi sangat lancar.
Ketika dalam berkomunikasi terdapat 6 unsur pokok :
- Memiliki tujuan yang artinya dalam komunikasi berbisnis harus memiliki tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya sejalan dengan tujuan organisasi.
- Pertukaran dalam hal ini melibatkan paling tidak dua orang atau lebih yaitu komunikator dan komunikan karena untuk pertukaran pendapat atau informasi yang bias dijadikan bahan.
- Gagasan, opini, informasi, instruksi merupakan isi dari pesan yang bentuknya beragam tergantung tujuan, situasi, dan kondisinya.
- Menggunakan saluran personal atau impersonal yang mungkin bersifat tatap muka, menggunkan media tertentu atau melalui media yang menjangkau jutaan orang secara bersamaan.
- Menggunakan symbol atau sinyal yang merupakan alat atau metode yang dapat dimengerti atau dipahami oleh penerima untuk menyampaikan pesan.
- Pencapaian tujuan organisasi : salah satu karakteristik yang membedakan organisasi atau lembaga formal.
Komunikasi bisnis yang baik sangatlah penting karena untuk mendukung tercapainya tujuan usaha. Jika seorang pengusaha memiliki keahlian dalam berkomunikasi, ini akan menjadi alat yang sangat efektif untuk memikat pelanggan. Para ahli mengemukakan bahwa komunikasi bisnis merupakan suatu komunikasi yang dilaksanakan di dunia bisnis.
Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo