Mohon tunggu...
Andoko Akbar Nugroho
Andoko Akbar Nugroho Mohon Tunggu... Mahasiswa - Simpel

Plesiran adalah cara termudah untuk belajar

Selanjutnya

Tutup

Puisi

Pemangku Kehidupan

24 Juli 2021   16:51 Diperbarui: 24 Juli 2021   16:57 43
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Siapa aku ?
Aku ini apa ?
Aku berasal dari mana ?
Untuk apa aku ?

Aku berwarna hitam bias kecoklatan
Aku adalah bagian dari unsur kehidupan
Aku berasal dari pertemuan kebahagiaan setiap insan
Aku dilahirkan teruntuk menumbuhkan

Terkadang orang mengatakan aku ialah sebagian musibah
Mengahancurkan tempat perlindungan yang mereka bilang adalah rumah
Bukan karena aku, sebab mereka membangun diarea diperbukitan
Mereka sendirilah menjadikan longsor hingga timbul kesengsaraan

Apakah ini bencana alam ?
Apa benar alam menyebabkan bencana ?
Mungkinkah alam hadir pada kita dengan bencana ?
Atau memang alam sengaja hadir dengan segudang luka dan mendatangkan bencana ?

Hai kawan, aku ini memiliki sifat menumbuhkan
Kasih sayang sejuta rasa pada pemangku kehidupan
Aku ini selalu dibawah dan kerap kau anggap lemah
Aku ini tanah, yang setiap kali kau injak-injak, engkau jatuhkan karena ego mu dikenyataan

Pernahkah kau merasa didalam ku terdapat emas intan permata tambang perak dan minyak
Setelah kau tau, aku dibinasakan hutan habis dicukur sampai botak
Acap kali saat terdapat tai nampak diatas ku, apa yang kerap kau perbuat ?
Mengejek menghina mencaci seakan aku memang terlahir cacat

Aku bisa menumbuhkan sebutir padi sekedar untuk makan
Ganja pun aku kembangkan namun sifat manusialah menyalahgunakan
Semua telah aku ciptakan
Terserah kau saja sang pemangku kehidupan si manusia penuh percobaan

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun