Mohon tunggu...
Andhen Priyono
Andhen Priyono Mohon Tunggu... Guru - Guru INFORMATIKA

Belajar, Berdo'a dan Berkarya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Membekali Siswa Dengan Kemampuan 8 Elemen Pada Mapel Informatika

28 Oktober 2022   09:00 Diperbarui: 28 Oktober 2022   08:59 7952
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kurikulum Merdeka merupakan penyederhanaan dari Kurikulum K-13 yang disederhanakandan berfokus pada Capaian Pembelajaran Siswa per Fase, tidak lagi dirumuskan per jenjang (kelas) pendidikan. Mata pelajaran Informatika diharapkan menjadi salah satu mata pelajaran yang berkontribusi pada terwujudnya Profil Pelajar Pancasila, khususnya dalam hal menumbuhkan daya nalar kritis dan kreatif siswa, serta bergotong royong dalam kebhinekaan global di dunia nyata maupun dunia maya.

Mata pelajaran Informatika berkontribusi dalam membentuk siswa menjadi warga yang berakhlak mulia, berkebinekaan global, dan gemar bergotong-royong. Semua itu dicapai melalui Praktik Lintas Bidang (core practices) yang dikerjakan secara berkelompok (tim), di alam digital yang merupakan alam yang harus disinergikan dengan alam nyata oleh manusia abad ke-21. 

Mata pelajaran Informatika terdiri atas delapan elemen berikut:

1. Berpikir Komputasional (BK) 

Meliputi dekomposisi, abstraksi, algoritma, dan pengenalan pola. BK mengasah keterampilan problem solving sebagai landasan untuk menghasilkan solusi yang efektif, efisien, dan optimal dengan menerapkan penalaran kritis, kreatif, dan mandiri. 


2. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) 

Akan menjadi perkakas (tools) dalam berkarya dan sekaligus objek kajian yang memberikan inspirasi agar suatu saat, siswa menjadi pencipta karya-karya berteknologi yang berlandaskan informatika. 

3. Sistem Komputer (SK) 

Adalah pengetahuan tentang bagaimana perangkat keras dan perangkat lunak berfungsi dan saling mendukung dalam mewujudkan suatu layanan bagi pengguna baik di luar maupun di dalam jaringan komputer atau internet. 

4. Jaringan Komputer dan Internet (JKI) 

Memfasilitasi pengguna untuk menghubungkan sistem komputer dengan jaringan lokal maupun internet. 

5. Analisis Data (AD) 

Mencakup kemampuan untuk meng-input, memproses, memvisualisasi data dalam berbagai format, menginterpretasi, serta mengambil kesimpulan dan keputusan berdasarkan penalaran. 

6. Algoritma dan Pemrograman (AP) 

mencakup perumusan dan penulisan langkah penyelesaian solusi secara runtut, dan penerjemahan solusi menjadi program yang dapat dijalankan oleh mesin (komputer). 

7. Dampak Sosial Informatika (DSI) 

Mencakup penumbuhan kesadaran siswa akan dampak informatika dalam: (a) kehidupan bermasyarakat dan dirinya, khususnya dengan kehadiran dan pemanfaatan TIK, serta (b) bergabungnya manusia dalam jaringan komputer dan internet untuk membentuk masyarakat digital. 

8. Praktik Lintas Bidang (PLB) 

Mencakup aktivitas-aktivitas yang melatih siswa bergotong royong untuk untuk menghasilkan artefak komputasional secara kreatif dan inovatif, dengan mengintegrasikan semua pengetahuan informatika dan menerapkan proses rekayasa (engineering) atau pengembangan artefak komputasional (perancangan, implementasi, pelacakan kesalahan, pengujian, penyempurnaan), serta mendokumentasikan dan mengomunikasikan hasil karya.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun