Mohon tunggu...
Anan Alkarawangi
Anan Alkarawangi Mohon Tunggu... Jurnalis Warga
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Duta Pasundan Di Bumi Majapahit

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Tingkatkan Kualitas Kesehatan, Koramil 0815/10 Bangsal Bangun Jamban Sehat

27 April 2019   13:45 Diperbarui: 27 April 2019   13:58 0 1 0 Mohon Tunggu...
Tingkatkan Kualitas Kesehatan, Koramil 0815/10 Bangsal Bangun Jamban Sehat
Babinsa Koramil 0815/10 Bangsal Sertu Abdul Khair Bersama Warga Membuat Jamban (Dokpri)

Mojokerto, - Dalam upaya membantu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, Koramil 0815/10 Bangsal Kodim 0815 Mojokerto melaksanakan Karya Bakti Gema Sang Juara Semester I Tahun Anggaran 2019 berupa pembuatan jamban sehat bagi warga yang belum memiliki jamban.

Program pembuatan jamban sehat ini ditujukan bagi keluarga kurang mampu atau kurang beruntung secara ekonomi, yang tersebar di wilayah Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto. Pembuatan jamban ini sudah dimulai sejak awal April 2019.

Danramil 0815/10 Bangsal Kapten Inf Mujiono saat dikonfirmasi Jum'at (26/04/2019), keberadaan jamban sehat merupakan sanitasi dasar yang harus dimiliki setiap keluarga.  "Dengan adanya jamban ini, maka limbah manusia dalam bentuk tinja dapat diisolasi sehingga tidak menyebabkan pencemaran pada air, tanah dan udara serta kesehatan lingkungan dapat terjaga," ungkapnya.  

Lebih lanjut Danramil mengatakan, program jambanisasi bagi keluarga kurang mampu ini merupakan upaya TNI dalam membantu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.  "Jambanisasi ini salah satu program Bakti TNI dan bentuk konkret pembinaan teritorial dalam rangka pembinaan wilayah," tandasnya.

"Para Babinsa sudah melakukan survey dan koordinasi dengan perangkat desa untuk menentukan warga yang layak menerima bantuan dalam program jambanisasi ini.  Diutamakan warga yang berpenghasilan di bawah rata-rata yang menjadi sasaran prioritas ," imbuh Danramil. 

Babinsa Koramil 0815/10 Bangsal Sertu Abdul Khair Bersama Warga Memasang Base Septictank Jamban (Dokpri)
Babinsa Koramil 0815/10 Bangsal Sertu Abdul Khair Bersama Warga Memasang Base Septictank Jamban (Dokpri)

Pantauan di lapangan, dari alokasi 16 unit tersebut baru diselesaikan 10 unit. Proses pengerjaan jamban ini masih berlangsung hingga hari ini, Jum'at (26/04), seperti di rumah Lilik Iswati Dusun Sukorejo Desa Peterongan yang masih tahap pemasangan base septic tank yang dilakukan Babinsa setempat Sertu Abdul Khoir bersama warga.  

Beberapa warga penerima bantuan program jamban, Lilik Iswati (30), Dusun Sukorejo Desa Peterongan, dan Ibu Siti Fatonah (56) Dusun Sukosari Desa Kedunguneng, mengungkapkan rasa terima kasih dengan adanya program bantuan TNI melalui Koramil Bangsal sehingga dapat dimanfaatkan untuk jamban keluarga.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x