Mohon tunggu...
Mohammad
Mohammad Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hilfi

Belajar mencari pengalaman

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mudahkan Pelayanan Desa, Mahasiswa KKN Pulkam UM 2021 Lakukan Pembuatan Website Berbasis Dusun

27 Juli 2021   18:10 Diperbarui: 27 Juli 2021   18:20 50 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mudahkan Pelayanan Desa, Mahasiswa KKN Pulkam UM 2021 Lakukan Pembuatan Website Berbasis Dusun
Tampilan Website

Kec Glagah, Banyuwangi -- KKN Pulang Kampung UM 2021 yang diselenggarakan di Desa Tamansuruh Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Merupakan KKN yang di isi oleh mahasiswa/I dengan berbagai disiplin ilmu, salah satu diantaranya adalah mahasiswa Teknik informatika fakultas Teknik. 

KKN desa Tamansuruh membuat beberapa proker salah satunya adalah proker pembuatan Website Pelayanan Adsministrasi Berbasis Dusun yang diprakarsai di salah satu dusun dari 5 dusun yang ada, yakni dusun Mondoluko.

Kegiatan pembuatan website Pelayanan Adsministrasi Berbasis Dusun bertujuan untuk membantu dalam mempermudah aparatur desa khususnya kepala dusun setempat dalam pelayanan administrasi, misalnya pembuatan KTP, KK, Surat Pindah, Akta Kelahiran, Akta Kematian. 

Selain berguna untuk pelayanan administrasi, didalam website tersedia beberapa menu diantaranya, posting berita, informasi mengenai dusun, dan juga kontak kritik dan saran.

Pelayanan di Kantor Desa
Pelayanan di Kantor Desa

Pembuatan website ini dilakukan selama 2 minggu lebih, sehingga diharapkan kedepannya minim dalam kendala karena sudah melewati uji coba. Website ini dapat dengan mudah di akses melalui laman http://mondoluko.com yang dapat diakses oleh khalayak umum, sedangkan untuk pengelolaan website ini dilakukan oleh warga setempat yakni pemuda karang taruna yang sudah diberikan pengetahuan mengenai tata cara pengelolaan website.

Diharapkan keberadaan website ini dapat bermanfaat bagi warga desa Tamansuruh secara luas dan memudahkan dalam pengelolaan data warga desa, meskipun saat ini masih salah satu dusun yang memiliki website ini diharapkan kedepannya seiring era digitalisasi yang kian cepat maka akan tersedia di setiap dusun yakni dusun Krajan, Wonosari, Gadog, dan Andong.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN