Mohon tunggu...
Amrih Ibnu Wicaksana
Amrih Ibnu Wicaksana Mohon Tunggu... Guru - Guru

mencoba untuk belajar menulis, mohon bimbingannya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi 1.3 Visi Guru Penggerak

9 Desember 2022   11:52 Diperbarui: 9 Desember 2022   12:54 1723
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Visi seorang guru yaitu menjadikan siswa didik yang berkemampuan di bidang ilmu pengetahuan, berkarakter dan berakhlak baik dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan misi guru yaitu menerapkan hidup disiplin dengan mendidik siswa untuk bertanggung jawab terhadap tugas-tugasnya. Dengan kita mengetahui visi guru kita juga dapat mendiskripsikan visi Calon Guru Penggerak (CGP) yang sudah ditetapkan yakni mewujudkan murid mandiri, beretika dan bersahaja. Visi ini dibuat tentu disesuaikan dengan sumber daya yang dimiliki dan mengacu pada Profil Pelajar Pancasila. Disini saya menggunakan model DEAL dalam membuat refleksi modul 1.3.

Dalam modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak saya mempelajari Inquiri Apresiatif (IA) dengan model BAGJA. Pada tahapan Ruang Elaborasi saya dan CGP diminta untuk merumuskan visi yang sesuai dengan profil pelajar pancasila dengan membuat prakarsa perubahan yang sesuai dengan kondisi sekolahan masing-masing. Kami bersama fasilitator bersama-sama di Ruang Kolaborasi berdiskusi tentang prakarsa perubahan yang akan dilakukan dengan memberikan umpan balik maupun masukan positif dalam LMS. Setelah tahapan itu dilanjutkan dengan tahapan Koneksi Antra Materi dimana CGP diminta untuk mengaitkan materi Visi Guru Penggerak ini dengan materi-materi seblumnya. Dan pada kahir tahap dilakukan Aksi Nyata dengan membuat Visi Guru Penggerak dimana harus sesuai dengan nilai-nilai guru penggerak, filosofi Ki Hadjar Dewantara dan juga kondisi lingkungan sekitar untuk mewujudkan visi yang akan dirancang.

Awal saya memperoleh modul 1.3 tentang visi guru penggerak ini sangatlah membingungkan buat saya. Dengan usaha saya memmahami lagi apa yang diharapakan walaupun tertatih tatih dalam mempelajari modul pelrhan-perlahan saya dapat mengerti apa yang saya buat dan saya lakukan untuk membuat prakarsa perubahan melalui BAGJA dengan menganalisa pengalaman dengan membandingkan rencana yang telah dibuat sebelumnya apakah sesuai dengan petunujuk karena disitu saya juga mengamati, meniru serta modifikasi untuk mencapai visi prakarsa perubahan yang saya buat.

Dalam perbaikan dimasa mendatang setelah saya mempelajari modul 1.3 ini saya harus menentukan prakarsa perubahan terlebih dahulu dengan membuat pertanyaan positif beserta tindakan yang harus saya lakukan terhadap pertanyaan yang sudah saya buat agar visi tersebut dapat terwujud. Tak lupa juga saya berkolaborasi sering melakukan diskusi dengan warga sekolah agar apa yang menjadi cita-cita sekolah dapat diwujudkan dengan bentuk visi sekolah sehingga berdampak pada murid.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun