Lihat ke Halaman Asli

Dr. Nugroho SBM MSi

Saya suka menulis apa saja

Etika dalam Buka Bersama

Diperbarui: 30 Maret 2023   23:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar: idntimes.com

Buka bersama merupakan acara rutin yang diselenggarakan oleh berbagai pihak baik perorangan, kelompok, maupun lembaga tertentu antara lain perusahaan. Meskipun acara tersebut rutin diselenggarakan dan sudah dianggap acara yang biasa artinya tidak perlu ada hal-hal yang diperhatikan secara khusus, tapi ada baiknya diperhatikan beberapa hal jika kita diundang dalam acara buka bersama.

Pertama, kenakan pakaian yang pantas dan sesuai dengan bulan suci Ramadan. Meski dihadiri dan yang mengundang keluarga atau teman dekat, janganlah memakai pakaian yang terbuka. Pakailah pakaian yang tertutup, tidak mencolok dan sederhana.

Kedua, datanglah tepa waktu. Jangan sampai orang lain yang diundang dan juga tuan rumah menunggu acara dimulai gara-gara menunggu kedatangan kita.

Ketiga, hormai waktu sholat. Jika saat adzan berkumandang atau saat berbuka puasa tiba. Maka segeralah berbuka dengan minum dan makanan ringan. Setelah itu kita harus sholat dahulu bersama tamu undangan lain. Setelah itu baru makan besar. Jangan makan dulu sebelum yang lain makan.

Keempat, ucapkan terima kasih pada tuan rumah atau yang mengundang. Ada baiknya kita mengucapkan terima kasih kepada tuan rumah ataau pihak yang mengundang buka puasa bersama setelah acara buka bersama berakhir.

Kelima, jangan membuat kegaduhan selama buka puasa bersama berlangsung sebab ada orang yang tidak suka kegaduhan ada saat acara buka puasa bersama.

Keenam, jangan menanyakan hal-hal yang sensitif kepada orang lain selama ngobrol di  aara buka bersama. Juga jangan membicarakan kejelekan orang lain. Ingat ini adalah acara buka puasa bersama di bulan suci Ramadan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline