Lihat ke Halaman Asli

niti negoro57

Guru Ndeso

Bagaimana Guru Penggerak Menghadirkan Innovasi di Kelas?

Diperbarui: 8 Januari 2024   15:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Guru Penggerak (Sumber : imrantululi.net)

Pendidikan merupakan landasan terpenting bagi pembangunan suatu negara, dan di era digital ini, peran guru  dalam menciptakan inovasi dan perubahan di kelas menjadi semakin penting. Instruktur penggerak menjadi agen perubahan yang tidak hanya mampu memahami perubahan teknologi namun juga  memanfaatkannya secara kreatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Di dalam tulisan kali ini saya akan sedikit mengeksplorasi peran motivasi guru  dalam membentuk inovasi  kelas dan bagaimana hal tersebut dapat membawa perubahan positif dalam dunia pendidikan. Sebelum membaca tulisan ini alangkah baiknya bapak/ibu untuk bisa menyiapkan makanan dan cemilan favoritnya dan setelah itu langsung menuju ke tkp.


1. Memahami perubahan lingkungan pendidikan 

Instruktur mengemudi memahami bahwa lingkungan pendidikan terus berubah. Mereka tidak hanya beradaptasi dengan perkembangan teknologi, namun secara aktif mencari cara untuk memperkenalkan perubahan tersebut ke dalam pendidikan mereka. Dengan menerima perubahan, instruktur mengemudi dapat menciptakan suasana pengajaran yang dinamis dan responsif.

2. Pemanfaatan Teknologi untuk Meningkatkan Pembelajaran 

Instruktur mengemudi memanfaatkan teknologi sebagai alat untuk meningkatkan proses pembelajaran. Mulai dari penggunaan perangkat lunak pendidikan hingga platform online, menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menarik bagi siswa. Pemanfaatan teknologi tidak hanya memudahkan akses terhadap informasi, namun juga membuka peluang baru untuk eksplorasi dan kolaborasi.

3. Mendorong kreativitas dan kolaborasi 

Inovasi di kelas tidak hanya sebatas teknologi, instruktur mengemudi memotivasi siswa untuk berpikir kreatif, mengeksplorasi ide-ide baru, dan berkolaborasi dalam proyek yang menantang. Hal ini memberikan ruang bagi ide dan inisiatif untuk berkembang, menciptakan lingkungan di mana  siswa dapat belajar lebih mandiri dan kreatif.

4. Mengintegrasikan Pembelajaran Situasional 

Guru yang termotivasi berinovasi dengan mengintegrasikan pembelajaran situasional ke dalam kurikulum. Menghubungkan materi pembelajaran dengan situasi kehidupan nyata untuk memberikan relevansi yang lebih baik bagi siswa. Dengan menggunakan pendekatan ini, guru membantu siswa menghubungkan teori dan praktik untuk mengembangkan pemahaman yang lebih dalam.

5. Memimpin dengan memberi contoh dan terus belajar 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline