KEKUATAN, KELEMAHAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM INDONESIA DALAM MENGHADAPI ERA DIGITAL
Muhamad Kosasih
Institut Agama Islam Nasional Laa Roiba Bogor
Program Pasca Sarjana Magister Pendidikan Agama Islam
Abstrak: Sistem pendidikan menjadi bagian erat yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sosial budaya dan masyarakat sebagai suprasistem, pembangunan sistem pendidikan tidak memiliki arti apa-apa jika tidak sesuai dengan pembangunan nasional. Kaitan yang erat antara bidang pendidikan sebagai sistem dengan sistem sosial budaya sebagai suprasistem tersebut dimana sistem pendidikan menjadi bagiannya, menciptakan kondisi sedemikian rupa sehingga permasalahan intern sistem pendidikan itu menjadi sangat kompleks artinya suatu permasalahan intern dalam sistem pendidikan selalu ada kaitan dengan masalah-masalah diluar sistem pendidikan itu sendiri. Hal dasar yang sangat dibutuhkan dalam upaya pemerataan pendidikan di Indonesia adalah dana serta birokrasi yang jelas memperbaiki sarana dan prasarana sekolah yang ada didaerah, membiayai tenaga pendidik yang berkualitas, membangun juga menciptakan sumber daya manusia didaerah, dan pemberian subsidi agar seluruh golongan masyarakat dapat menjangkau biaya pendidikan. Didalam penulisan artikel ini penulis bermaksud untuk menejelaskan juga menguraikan tentang kekuatan dan kelemahan pendidikan di Indonesian didalam menghadapi tuntutan zaman. Serta menguraikan dan mendeskripsikan dualistik konsep didalam kekuatan dan kelemahan lembaga pendidikan di Indonesia. Didalam penulisan artikel ini penulis menggunakan metode penelitian Literatur Library research. Dimana jenis penelitian ini objek utama yang diteliti adalah buku, artikel, maupun jurnal-jurnal, serta dokumen lainya didalam mengumpulkan data informasi yang terkait dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan pengetahuan baru mengenai hal-hal didalam dunia pendidikan dan sehingga dapat mengaplikasikanya di lembaga pendidikan guna menciptakan lembaga pendidikan yang maju.
Kata Kunci: Kekuatan, kelemahan pendidikan, Implementasi Pendidikan Era Digital
PENDAHULUAN
Pendidikan ialah tuntutan dalam hidup tumbuhnya anak-anak yang dimaksud menuntun segala kekuatan kodrati pada anak itu agar supaya mereka sebagai manusia dan anggota masyarakat mampu menggapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya, Ki Hadjar Dewantara (Ahmadi, 1991). Pendidikan adalah proses yang dilakukan seumur hidup life long yang dimulai dari seseorang lahir hingga kematiannya, yang membuat seseorang bersemangat dalam mewujudkan warga negara yang ideal dan mengajarkanya bagaimana menambahkan bahwa pendidikan tidak hanya menyediakan ilmu pengetahuan dan kemampuan akan tetapi nilai, pelatiah insting, membina tingkah laku dan sikap yang benar. Pendidikan yang sejati true education akan memiliki kecenderungan terbesar dalam membentuk manusia yang beradab dan memanusiakan manusia dalam hubungan mereka bermasyarakat dan mereka bermasyarakat dan mereka yang berada dalam perlindungannya, Plato.
Landasan pendidikan adalah tumpuan dasar konseptual yang digunakan dalam dunia pendidikan. Landasan ini diperlukan dalam melakukan analisis kritis terhadap kaidah-kaidah kebijakan dan praktik pendidikan, tanpa sebuah landasan praktik pendidikan tidak akan jelas arahnya dan akan menimbulkan masalah-masalah serta kesenjangan pendidikan antara manusia. Oleh sebab itu pendidikan berfungsi unuk memanusiakan manusia, bersifat formatif, dan karena itu harus dapat dipertanggung jawabkan. Hakikat sebuah pendidikan pada dasarnya adalah upaya manusia untuk mempertahankan keberlanjutan kehidupannya yang tidak hanya keberlanjutan fisik atau raganya akan tetapi juga keberlanjutan kualitas jiwa dan peradabanya dalam arti peningkatan kualitas budayanya baik pendidikan yang dilakukan secara alami oleh orang tua kepada anak atau masyarakat kepada generasinya hingga pendidikan yang diselenggarakan oleh organisasi-organisasi pendidikan yang lebih mudah dikenal dengan istilah sekolah baik formal maupun non formal, sehingga pendidikan itu berlangsung seumur hidup atau lebih dikenal dengan sebutan long life education. Rumusan masalah apakah kekuatan pendidikan islam Indonesia, apa kelemahan pendidikan Indonesia, apakah faktor kelemahan pendidikan Indonesia,seperti apakah solusi kelemahan pendidikan islam Indonesia, bagaimana penerapan pendidikan islam Indonesia dalam era digital.