Lihat ke Halaman Asli

Kartikawati Taufik

Seorang Mahasiswa

Pembelajaran Berbasis Teknologi, Kuis Lebih Menyenangkan dan Menarik dengan Aplikasi Kahoot

Diperbarui: 17 Oktober 2021   16:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Siswa Melakukan kuis dengan Aplikasi Kahoot Menggunakan Laptop/dokpri

Karimun (19/4/2021) -- Penerapan teknologi terutama selama pandemi sangat menunjang pembelajaran agar dapat berjalan dengan baik. Penerapan teknologi di Sekolah Dasar 013 Avava Tebing masih kurang dikarenakan sekolah belum mempunyai laboratorium komputer dan terbatasnya waktu di sekolah saat luring selama pandemi. 

Saat daring, siswa melaksanakan kuis menggunakan Google Form dengan tampilan yang kurang menarik. 

Oleh karena itu, untuk menarik minat dan semangat siswa dalam belajar, kami membuat kuis dengan aplikasi Kahoot yang memiliki berbagai keunggulan dan menggunakan laptop untuk setiap siswa agar lebih mahir dalam mengoperasikannya.

Siswa Melakukan kuis dengan Aplikasi Kahoot Menggunakan Laptop/dokpri

Kegiatan ini dilaksanakan 15-30 menit sebelum bel pulang sekolah agar tidak mengganggu proses pembelajaran. Kegiatan ini dilaksanakan satu kali saat pembelajaran luring dan selanjutnya dilaksanakan secara daring karena melihat angka penyebaran Covid-19 di Karimun semakin meningkat. Dalam pelaksanaannya, mahasiswa dan wali kelas membantu mengawasi keberjalanan kegiatan hingga selesai. .

Kartikawati Taufik (21) mahasiswa Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro bersama 3 rekan mahasiswa Tim Kampus Mengajar Karimun dengan latar belakang universitas dan prodi yang berbeda berkesempatan mengimplementasikan Program Kampus Mengajar yaitu "Pembelajaran Berbasis Teknologi". Kegiatan ini dilaksanakan secara luring pada hari Senin 19 April 2021 dan secara daring kepada seluruh siswa yang bertempat di SDS 013 Avava Tebing.

Aplikasi Kahoot memiliki beberapa keunggulan seperti tampilan yang lebih berwarna, terdapat backsound saat mengerjakan kuis, terdapat perbedaan poin jika menjawab kuis lebih cepat, dan dapat menampilkan nilai berdasarkan jawaban benar dan kecepatan waktu sehingga dapat melihat kemampuan analisis para siswa. 

Hasil yang diharapkan dari program ini yaitu memberikan informasi kepada guru terkait media pembelajaran baru dan menarik untuk siswa, membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, dan membantu guru serta siswa dalam adaptasi teknologi sehingga memudahkan dalam proses pembelajaran




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline