Mohon tunggu...
Kartikawati Taufik
Kartikawati Taufik Mohon Tunggu... Mahasiswa - Seorang Mahasiswa

Kamu itu berharga dan kamu pantas bahagia!

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pembelajaran Berbasis Teknologi, Kuis Lebih Menyenangkan dan Menarik dengan Aplikasi Kahoot

17 Oktober 2021   16:42 Diperbarui: 17 Oktober 2021   16:44 273 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Siswa Melakukan kuis dengan Aplikasi Kahoot Menggunakan Laptop/dokpri

Karimun (19/4/2021) -- Penerapan teknologi terutama selama pandemi sangat menunjang pembelajaran agar dapat berjalan dengan baik. Penerapan teknologi di Sekolah Dasar 013 Avava Tebing masih kurang dikarenakan sekolah belum mempunyai laboratorium komputer dan terbatasnya waktu di sekolah saat luring selama pandemi. 

Saat daring, siswa melaksanakan kuis menggunakan Google Form dengan tampilan yang kurang menarik. 

Oleh karena itu, untuk menarik minat dan semangat siswa dalam belajar, kami membuat kuis dengan aplikasi Kahoot yang memiliki berbagai keunggulan dan menggunakan laptop untuk setiap siswa agar lebih mahir dalam mengoperasikannya.

Siswa Melakukan kuis dengan Aplikasi Kahoot Menggunakan Laptop/dokpri
Siswa Melakukan kuis dengan Aplikasi Kahoot Menggunakan Laptop/dokpri

Kegiatan ini dilaksanakan 15-30 menit sebelum bel pulang sekolah agar tidak mengganggu proses pembelajaran. Kegiatan ini dilaksanakan satu kali saat pembelajaran luring dan selanjutnya dilaksanakan secara daring karena melihat angka penyebaran Covid-19 di Karimun semakin meningkat. Dalam pelaksanaannya, mahasiswa dan wali kelas membantu mengawasi keberjalanan kegiatan hingga selesai. .

Kartikawati Taufik (21) mahasiswa Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro bersama 3 rekan mahasiswa Tim Kampus Mengajar Karimun dengan latar belakang universitas dan prodi yang berbeda berkesempatan mengimplementasikan Program Kampus Mengajar yaitu "Pembelajaran Berbasis Teknologi". Kegiatan ini dilaksanakan secara luring pada hari Senin 19 April 2021 dan secara daring kepada seluruh siswa yang bertempat di SDS 013 Avava Tebing.

Aplikasi Kahoot memiliki beberapa keunggulan seperti tampilan yang lebih berwarna, terdapat backsound saat mengerjakan kuis, terdapat perbedaan poin jika menjawab kuis lebih cepat, dan dapat menampilkan nilai berdasarkan jawaban benar dan kecepatan waktu sehingga dapat melihat kemampuan analisis para siswa. 

Hasil yang diharapkan dari program ini yaitu memberikan informasi kepada guru terkait media pembelajaran baru dan menarik untuk siswa, membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, dan membantu guru serta siswa dalam adaptasi teknologi sehingga memudahkan dalam proses pembelajaran

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan