Lihat ke Halaman Asli

Irwan Rinaldi Sikumbang

TERVERIFIKASI

Freelancer

3 Makna "Pinjam Dulu Seratus", Bukan Candaan tapi Sindiran

Diperbarui: 18 November 2023   09:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Chris Martin, vokalis Coldplay | dok. iNews/Aldhi Chandra

Vokalis Coldplay Chris Martin membuat kejutan tak terduga, dengan melontarkan sebuah pantun di tengah-tengah konser di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Rabu (15/11/2023).

"Saya punya pantun," kata Chris Martin yang langsung disambut sorak sorai puluhan ribu penggemar Coldplay yang memadati GBK di malam itu.

Dengan bahasa Indonesia yang lumayan baik untuk ukuran orang asing, Chris memulai pantunnya. "Hari Selasa ujian fisika," ucapnya yang disambut dengan teriakan "cakeeep" dari penonton.

"Hari Selasa ujian fisika, giat belajar biar lulus. Apa kabar kota Jakarta, boleh dong pinjam dulu seratus," demikian bunyi pantun yang dilemparkan Chris.

Ungkapan "pinjam dulu seratus" akhir-akhir ini memang viral di berbagai aplikasi media sosial. Hal ini rupanya ditangkap oleh tim kreatif Coldplay.

Sebelum itu, beberapa pembalap MotoGP menggunakan "pinjam dulu seratus" sebagai caption di media sosial mereka.

Sebagai contoh, pembalap Maverick Vinales mengunggah foto dirinya sedang bersantai di kolam renang dengan caption, "Hello Indonesia, apa kabar? Boleh pinjam seratus?"

Kemudian, Pecco Bagnaia yang merupakan rider dari Ducati Team, juga mengatakan dalam sebuah video, "Biar balapan mulus, pinjam dulu seratus".

Pada umumnya, "pinjam dulu seratus" dinilai oleh banyak orang sebagai jokes atau candaan semata.

Terlepas dari mana asal usulnya "pinjam dulu seratus" sehingga menjadi sangat populer sebagai candaan, kalau kita renungkan, sebetulnya ini bermakna sangat dalam.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline