Lihat ke Halaman Asli

Estika Novita

Mahasiswa Universitas Siber Asia

Peran Sosial Media dalam Digital Marketing

Diperbarui: 4 Februari 2023   08:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Peran Sosial Media dalam Strategi Digital Marketing

Estika Srinovita Murni_Universitas Siber Asia

Apa sih Digital Marketing itu ?

Digital Marketing dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran atau promosi suary merek atau bran produk atau jasa yang dilakukan melalui media digital. Pada era modern seperti saat ini, perubahan yang cukup signifikan pasti kita rasakan baik dalam komunikasi maupun pemasaran suatu produk. Jika sebelumnya pemasaran dilakukan dengan cara yang tradisional melalui media cetak seperti brosur, koran dan sejenisnya, saat ini pemasaran dapat dengan mudah menggunakan media-media daring.

Perkembangan internet merupakan salah satu kunci bertumbuh pesatnya media social baik di Indonesia maupun di dunia. Pengguna media sosial dengan bebas bisa mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisanm gambar, video, grafis dan berbagai model content lainnya.

Lalu, apakah Sosial Media itu ?

Media sosisal adalah interaksi sosial online dengan menggunakan teknologi berbasiskan website untuk dapat saling berkomunikasi, berpartispasi, berbagi dan menciptakan content sesuai dngan kreativitas dan inovasi masing-masing individu.

Contoh Sosial Media dan karakteristik pengguna

  • Facebook
  • Dengan jumlah pengguna terbedar. Pengguna dari berbagai kalangan. Muda, technology savvy, word of mouth, cocok untuk produk dengan daya Tarik mass market.
  • Twitter
  • Konsumen yang berfokus pada teknologi, bisnis konten atau pengetahuan.
  • Instagram
  • Konten visual didominasi oleh remaja (survey menunjukkan rata-rata pengguna Instagram berusia dibawah 45 tahun)
  • In
  • Persorangan dan business-to-bussiness, professional yang kompeten di bidangnya, layanan bisnis termasuk freelance
  • Youtube
  • Strategi pemasaran viral, konsumen muda, edgy, dan mainstream

Sosial media memiliki peran penting dalam Strategi Digital Marketing karena dapat meningkatkan brand awareness penjual atau barang tersebut, Contoh Sosial Media diatas telah mampu mengubah cara pandang masyarakat dalam berkomunikasi dan berinteranksi didalam kehidupan. Dapat disimpulkan bahwa Sosial Media dalam Digital Marketing memiliki manfaat yang luar biasa diantaranya :

  • Sosial Media dapat menghubungkan produsen dan konsumen dalam internet
  • Sosial Media yang dimanfaatkan untuk Digital Marketing dapat menghasilkan penjualan yang tinggi
  • Pemasaran melalui Sosial Media dapat menghemat pengeluaran
  • Pemasaran melalui Sosial Media dapat menjangkau seluruh pelosok negeri bahkan dunia
  • Pemasaran melalui Sosial Media dapat mempersiapkan produsen untuk era  internet of things.

dengan kemudahahan-kemudahan yang diberikan oleh sosial media dalam Digital Marketing menunjukan peranan penting sebuah bisnis untuk dapat menggunakan sosial media sebagai wadah yang cukup menjanjikan dalam melakukan pemasaran karena selain mudah digunakan, biaya yang dikeluarkan pebisnis juga cukup terjangkau.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline