Lihat ke Halaman Asli

Nur Terbit

Pers, Lawyer, Author, Blogger

Ngopi Sianida di Pare-Pare, Kampungnya BJ Habibie

Diperbarui: 20 Agustus 2021   16:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Haji Awaluddin, pemilik Rumah Kopi Sweetness 588 Pare-Pare (repro : Nur Terbit)

Ini adalah kisah kenangan yang tidak terlupakan, ketika suatu hari menginap dan mampir minum kopi "Sianida" di Kota Pare-Pare Sulawesi Selatan, tempat kelahiran BJ Habibie, Presiden RI ke-3.

Mampir di Kota Pare-Pare ini, merupakan rangkaian perjalanan darat bersama Dr. Rully Nasrullah, M.Si (Kang Arul si Dosen Galau), setelah usai menjadi narasumber di acara pelatihan menulis di Kabupaten Wajo dan Kabupaten Barru, bekerjasama dengan ormas pemuda NU, BNPB dan Pemda setempat.

Saya sudah menulis reportasenya "Ke Kampung Habibie Menikmati Kopi Sianida", diposting 5 tahun lalu di blog #NurTerbitDotCom seperti cerita di bawah ini :

***

JALAN-JALAN ke Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan, tidak lengkap rasanya jika tidak mampir di kampung Baharuddin Jusuf Habibie, mantan Presiden RI ke-3.

Daerah ini cukup bersejarah, itu sebabnya kunjungan ini semakin kurang lengkap jika sengaja melewatkan begitu saja tanpa mampir di "Monumen Cinta Abadi: Habibie -- Ainun" di pojok Lapangan Makkasau.

Tidak jauh dari monumen ini, tepatnya di Jalan Sulawesi, terdapat Rumah Kopi Sweetness 588 Pare Pare milik Haji Awaluddin (Awal). Kalau ada waktu Anda, sempatkan mampir menikmati racikan khas "Kopi Sianida".

Bagaimana serunya kopi yang terinspirasi dari kasus "Jessica -- Mirna" ini, sudah ada juga videonya bikinan sohib saya Kang Arul. Sebuah kehormatan karena saya sengaja diminta oleh si "Dosen Galau" ini mewawancarai Haji Awal, peracik "Kopi Sianida" tersebut.

Ini dia videonya yang diposting di channel YouTube DOSEN GALAU TV ....


Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline