Mohon tunggu...
Nurterbit
Nurterbit Mohon Tunggu... Jurnalis - Wartawan, Blogger, Lawyer, Youtuber

Penulis buku Wartawan Bangkotan, Lika-Liku Kisah Wartawan, Mati Ketawa Ala Netizen, Editor Harian Terbit (1984-2014), Owner www.nurterbit.com, Twitter @Nurterbit, @IniWisataKulin1, Fanpage FB, IG : @Wartawan Bangkotan, @IniWisataKuliner Email: aliemhalvaima@yahoo.com, nurdaeng@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Ngopi Sianida di Pare-Pare, Kampungnya BJ Habibie

20 Agustus 2021   16:01 Diperbarui: 20 Agustus 2021   16:22 252 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Haji Awaluddin, pemilik Rumah Kopi Sweetness 588 Pare-Pare (repro : Nur Terbit)

Ini adalah kisah kenangan yang tidak terlupakan, ketika suatu hari menginap dan mampir minum kopi "Sianida" di Kota Pare-Pare Sulawesi Selatan, tempat kelahiran BJ Habibie, Presiden RI ke-3.

Mampir di Kota Pare-Pare ini, merupakan rangkaian perjalanan darat bersama Dr. Rully Nasrullah, M.Si (Kang Arul si Dosen Galau), setelah usai menjadi narasumber di acara pelatihan menulis di Kabupaten Wajo dan Kabupaten Barru, bekerjasama dengan ormas pemuda NU, BNPB dan Pemda setempat.

Saya sudah menulis reportasenya "Ke Kampung Habibie Menikmati Kopi Sianida", diposting 5 tahun lalu di blog #NurTerbitDotCom seperti cerita di bawah ini :

***

JALAN-JALAN ke Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan, tidak lengkap rasanya jika tidak mampir di kampung Baharuddin Jusuf Habibie, mantan Presiden RI ke-3.

Daerah ini cukup bersejarah, itu sebabnya kunjungan ini semakin kurang lengkap jika sengaja melewatkan begitu saja tanpa mampir di "Monumen Cinta Abadi: Habibie -- Ainun" di pojok Lapangan Makkasau.

Tidak jauh dari monumen ini, tepatnya di Jalan Sulawesi, terdapat Rumah Kopi Sweetness 588 Pare Pare milik Haji Awaluddin (Awal). Kalau ada waktu Anda, sempatkan mampir menikmati racikan khas "Kopi Sianida".

Bagaimana serunya kopi yang terinspirasi dari kasus "Jessica -- Mirna" ini, sudah ada juga videonya bikinan sohib saya Kang Arul. Sebuah kehormatan karena saya sengaja diminta oleh si "Dosen Galau" ini mewawancarai Haji Awal, peracik "Kopi Sianida" tersebut.

Ini dia videonya yang diposting di channel YouTube DOSEN GALAU TV ....


HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan