Lihat ke Halaman Asli

Asep Setiawan

Membahasakan fantasi. Menulis untuk membentuk revolusi. Dedicated to the rebels.

Mekanisme Tuas dalam Keseimbangan Kosmik

Diperbarui: 17 Februari 2025   14:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Mekanisme Tuas dalam Mekanika Kuantum, Kosmologi, Relativitas Umum, dan Termodinamika: Sintesis Keseimbangan Kosmik melalui Dialektika Tesis, Antitesis, dan Sintesis

Teaser: Keseimbangan Dinamis dalam Analogi Sepeda yang Sedang Melaju

Sebuah sepeda yang sedang melaju di jalan raya. Meskipun massa total dari sepeda dan pengendaranya tetap konstan, keseimbangan sepeda tidak dijaga oleh simetri statis, melainkan oleh keseimbangan dinamis yang terus-menerus disesuaikan sesuai kondisi jalan.

Keseimbangan dinamis ini dicapai melalui penyesuaian kecepatan dan arah setang sepeda yang berubah-ubah tergantung pada kondisi jalan yang dihadapi:

  • Jalanan lengang dan datar: Pengendara dapat mempertahankan kecepatan konstan dan posisi setang lurus, sehingga keseimbangan dijaga melalui inersia gerak lurus.

  • Jalanan menurun: Untuk menjaga keseimbangan dan mencegah jatuh ke depan, pengendara harus mengurangi kecepatan dengan menekan rem dan memiringkan tubuh ke belakang. Keseimbangan dinamis tercapai melalui kompensasi kecepatan dan distribusi berat tubuh.

  • Jalanan menanjak: Pengendara harus menambah kecepatan untuk melawan gravitasi dan memiringkan tubuh ke depan agar roda depan tetap menyentuh tanah. Keseimbangan dinamis dicapai melalui kompensasi kecepatan dan distribusi berat tubuh yang berbeda.

  • Jalanan berliku: Pengendara harus memiringkan tubuh ke arah tikungan dan memutar setang secara dinamis untuk menjaga keseimbangan saat berbelok. Keseimbangan dinamis dicapai melalui kompensasi gaya sentrifugal dengan distribusi berat tubuh yang berubah-ubah.

  • Jalan berlubang: Pengendara harus mengurangi kecepatan dan mengangkat tubuh sedikit dari sadel untuk mengurangi guncangan. Keseimbangan dinamis dijaga melalui kompensasi kecepatan dan penyesuaian distribusi berat tubuh.

  • Jalanan dengan polisi tidur: Pengendara harus mengurangi kecepatan sebelum melewati polisi tidur dan mendongakkan tubuh ke belakang saat roda depan naik ke polisi tidur, serta memiringkan tubuh ke depan saat roda belakang melewatinya. Keseimbangan dinamis dicapai melalui kompensasi kecepatan dan distribusi berat tubuh yang berubah-ubah secara simultan.

Dalam semua kondisi ini, massa total sepeda dan pengendara tetap sama, namun keseimbangan dinamis dijaga melalui penyesuaian kecepatan dan arah setang secara konstan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline