Mohon tunggu...
Inovasi

Pemasar di Instagram adalah Pembohong

22 September 2015   02:57 Diperbarui: 22 September 2015   02:57 76
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Gambar: Making Money Online Tutorial"][/caption]Intagram merupakan aplikasi yang sangat populer di Indonesia, khususnya untuk kalangan muda. Hingga saat ini, Instagram sudah menjadi top aplikasi yang dapat diunduh di google play dengan kesesuaian minimal operation system (OS) android  2.2 (froyo). Selain itu, Instagram juga dapat diunduh melalui apple aplication store  dengan kesesuaian iOS 3.1.2 yang tersedia pada produk keluaran Apple Incorporation.

Berbagi foto di instagram pada dasarnya memang sangat digemari masyarakat berkebutuhan sosial tinggi.  Namun, melalui Instagram kita juga dapat berbagi informasi tentang kesehatan, hiburan atau pendidikan. Bahkan, Instagram sering kali digunakan sebagai ajang promosi jasa maupun barang dagangan.

Melihat hal tersebut, kita tidak bisa meremehkan kegunaan instagram. Terlebih lagi melihat banyaknya kegunaan instagram bagi mereka yang memanfaatkannya sebagai lahan baru di sektor bisnis. Pengguna instagram yang sangat banyak dan terus bertambah, menyebabkan promosi di instagram sangatlah efektif dan efisien. Selain itu, disisi para pengguna instagram, seperti telah disinggung dalam teori kegunaan dan gratifikasi/kepuasan, masa akan memilih sendiri mana media yang akan mereka gunakan untuk memenuhi tujuan mereka (dalam West dan Turner, 2008: 104).

Selain besarnya pangsa pasar yang ada di instagram, publikasi barang yang hendak anda jual juga tidak membutuhkan biaya yang besar, karena yang perlu anda lakukan ialah mengunggah gambar produk anda. Dibandingkan dengan mengeluarkan biaya publikasi produk anda atau tempat berjualan atau lapak anda dengan menggunakan brosur, poster yang di tempel di dinding-dinding jalan atau di tiang-tiang jalan, yang malah akan mengeluarkan biaya produksi tersendiri.

Bagi anda yang tertarik untuk memulai bisnis di instagram atau yang sudah memiliki bisnis ini, yang anda butuhkan sekarang adalah strategi pemasaran produk anda. Semua perusahaan dengan pendapatan yang baik berasal dari pemasaran yang cerdas, dimana mereka dapat menarik kemauan konsumen untuk membeli barang dari mereka.

Jalan yang paling mutahir untuk mencapai tujuan ini adalah dengan menyebarkan kebohongan atau bercerita. Seth Godin penulis buku terlaris dengan judu Purpule Cow dan All Marketers Are Liar  mengatakan dalam buku All Marketers Are Liar  bahwa kita sebagai pemasar harus membuang jauh upaya untuk tidak mengkomunikasikan apa pun kecuali fakta, dan sebaliknya, harus berfokus pada apa yang orang yakini serta berusaha menyampaikan cerita –kebohongan yang memperkuat cara pandang mereka (dalam Seth Godin, 2005: 1). Dalam hal ini jangan salah sangka, kita tidak akan diajarkan cara-cara tipu muslihat dalam pemasaran atau taktik-taktik kotor dalam pemasaran. Titik berat dalam pemasaran ini adalah dengan penyebaran dan pemanfaatan ide.

Sebagai contoh, misalnya, perusahaan fashion bermerek skala internasional dapat berhasil karena mereka menyebarkan kebohongan atau bisa disebut menyebarkan cerita. Karena dalam cerita yang dibawa ini, mereka mendoktrinasi para calon pembelinnya bahwa bila anda menggunakan produk mereka, anda akan terlihat sangat keren, penampilan anda akan terangkat karena anda menggunakan produk yang sangat baik dari kualitas dan model-model terkini yang di hadirkan oleh desainer ternama. Artinya, semakin mahir mereka bercerita maka akan semakin banyak orang yang akan membeli barang mereka.

Menggunakan Instagram, sebenarnya kita juga dapat bercerita. Cerita tersebut meliputi beberapa macam tanda. Dalam Teori Semiotika tanda merupakan media untuk berkomunikasi (Berger 2010: 1). Bahkan sebelum manusia memiliki bahasa mereka berkomunikasi dengan tanda, malahan bahasa itu sendiri merupakan salah satu bentuk dari tanda.

Jika Instagram merupakan media yang anda gunakan untuk promosi salah satu produk anda, tentunya dalam bentuk foto. Foto itulah yang menyatakan tanda atau di dalam foto itulah anda menyampaikan cerita yang terdiri atas susunan beberapa macam tanda. Bagaimanakah kita dapat mengetahui cerita anda adalah cerita yang hebat? Jawabannya ialah bila melalui cerita itu anda dapat membuat “kebutuhan konsumen menjadi keinginan konsumen.”. Satu lagi contoh sederhana, misalnya, Semua orang membutuhkan baju, tetapi mereka membeli baju yang mereka inginkan atas dasar cerita yang anda berikan. Satu lagi yang perlu kita ingat bahwa, kunci suskes pemasaran adalah cerita yang luar biasa. Bila anda ingin mempromosikan produk anda, saya sarankan berceritalah di instagram.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun