Mohon tunggu...
Suparmin
Suparmin Mohon Tunggu... Guru - Seorang Pendidik Tingkat SMA di Kabupaten Gowa, Sulsel

Tebarkanlah kebaikan

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama FEATURED

Begini Cara Saya Lulus CPNS, Bisa Ditiru untuk 2021

3 November 2020   12:06 Diperbarui: 25 Agustus 2021   06:34 15053 38 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Calon pegawai negeri sipil (CPNS) dalam acara Presidential Lecture 2019 yang digelar di Istora Senayan, Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Rabu (24/7/2019). (KOMPAS.com/MURTI ALI LINGGA)

Beberapa hari yang lalu, bahkan hingga hari ini, unggahan di media sosial dipenuhi informasi kelulusan CPNS. Ucapan selamat. Ada juga ucapan bersyukur. Tapi, belum ada undangan makan-makan. He..he...

Ya, pekan ini pengumuman resmi pemerintah dirilis. Walaupun sebelumnya, para pemburu CPNS telah mampu menaksir kelulusan mereka.

Memang, empat tahun belakangan, tes CPNS sudah berbasis IT sehingga hasil perolehan peserta bisa langsung dilihat. Dari situ mereka bisa mengecek dan membandingkan perolehan nilai dengan peserta lainnya.

Saya ikut tes CPNS 2008

Baik, saya juga akan berbagi pengalaman. Setidaknya, pengalaman saya bisa menjadi pembanding cara belajar dan mempersiapkan diri menghadapi tes. Tentunya ini bagi yang belum lulus. 

Bagi yang sudah lulus, selamat ya. Kami tunggu triknya. Berbagilah sehingga kawan-kawan yang menginginkan menjadi PNS bisa mempersiapkan diri dari sekarang.

Tes CPNS tahun 2008 masih dilakukan secara manual. Maksudnya, tes tersebut masih berbasis kertas dan pensil. Hasil tes pun tidak bisa kita ketahui secara langsung sehingga momentum jadwal pengumuman merupakan hal yang ditunggu-tunggu. Saat itu, pengumuman kami nantikan kurang lebih satu bulan.

Dari sini juga banyak orang beranggapan bahwa sistem sogok menyogok masih subur. Padahal, saya pikir, sogok menyogok itu hanya perjudian belaka. Oknum yang terlibat di dalamnya mengiming-imingi seseorang kelulusan. Nah, jika Anda tertarik lalu lulus, maka sejumlah uang harus dibayarkan. Padahal, sebenarnya Anda lulus secara murni.

Bagaimana saya mempersiapkan diri

Pada saat itu, standar minimum perolehan nilai belum ditentukan oleh pemerintah, kelulusan hanya dilihat pada nilai tertinggi lalu diurutkan dengan jumlah kuota CPNS yang dibutuhkan oleh instansi penerima. Hal sama dengan tes tahun ini hanya pada lokasi rencana penempatan. 

Lokasi penempatan pun bersifat urutan, artinya jika Anda lulus dengan nilai tertinggi atau berada pada urutan pertama berarti secara otomatis Anda akan ditempatkan pada instansi urutan pertama yang tertera dalam formasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Karir Selengkapnya
Lihat Karir Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan