Mohon tunggu...
Amirsyah Oke
Amirsyah Oke Mohon Tunggu... Hobi Nulis

Pemerhati Keuangan negara. Artikel saya adalah pemikiran & pendapat pribadi.

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan

Sedekah Tak Kentara

14 Mei 2019   17:12 Diperbarui: 14 Mei 2019   17:37 12 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sedekah Tak Kentara
sumber: abeng.info

Bersedekah adalah kegiatan yang mulia dan sangat dianjutkan oleh ajaran agama. Meskipun begitu, alangkah baiknya jika sedekah yang diberikan memberikan manfaat yang optimal dan efeknya jangka panjang. Bukan hanya sekadar memberikan uang di jalanan pada pengemis, lalu setelahnya bukan lagi urusan.

Ada banyak cara sedekah yang memberi banyak manfaat dan efeknya jangka panjang. Salah satunya adalah memberikan sedekah tak kentara melalui reward kepada pihak yang membutuhkan. Sedekah tipe ini juga menghindari pihak penerima sedekah merasa/menjadi rendah diri, tak berarti karena hanya menengadahkan tangan untuk mendapatkan bantuan.

Saat membeli barang di pelaku usaha kecil semisal penjual makanan keliling, pembeli bisa bersedekah tanpa ketahuan. Tidak menawar harga barang yang ditawarkan (dalam kewajaran) adalah sedekah. Mengiklaskan kembalian sejumlah seribu dua ribu rupiah, atau kalau bisa hingga lima ribu-sepuluh ribu rupiah, adalaha juga sedekah. Penjual merasa senang barangnya laku dan mendapat uang tambahan, tapi tidak merasa sebagai pengemis atau peminta-minta.

Hal yang sama bisa dilakukan juga saat menggunakan jasa ojek online. Sekadar memberikan bintang lima dan feedback positif adalah sedekah. Apalagi jika mau memberikan tip beberapa ribu rupiah yang tak menguras kantong karena sebelumnya mendapatkan diskon atau tarif promo yang rendahnya serasa tak masuk diakal. Driver tentu saja akan sumringah dan bahagia mendapatkan notifikasi, yang merupakan sedekah tak kentara berupa reward atas pelayanannya.

Ada banyak lagi sedekah tak kentara yang tentunya bisa kita lakukan diberbagai kesempatan. Agama mengajarkan agar memberi dengan tangan kanan, namun jangan sampai tangan kiri mengetahuinya. Maksudnya agar si pemberi sedekah tidak perlu terlalu berbangga dan mengingat-ingat sedekah yang telah dilakukannya.

Juga agar si penerima sedekah tetap terjaga martabat dan kehormatannya. Efeknya pun si penerima sedekah tak kentara makin semangat berusaha mencari nafkah untuk kebutuhan hidup dan meningkatkan kesejahteraannya. Dunia pun penuh semangat dan kebahagiaan karena banyak yang melakukan sedekah tak kentara.

VIDEO PILIHAN