Mohon tunggu...
Amir machmud
Amir machmud Mohon Tunggu... Dosen - Universitas Pendidikan Indonesia

Fokus pada kajian artikel yang berhubungan dengan ekonomi, kewirausahaan, islamic economic, keuangan dan perbankan syariah. Di samping itu fokus pada topik-topik motivasi, softskill.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Efektifkah Pembelajaran Kewirausahaan di Perguruan Tinggi?

8 Agustus 2022   22:00 Diperbarui: 8 Agustus 2022   22:34 154 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kewirausahaan merupakan semangat, sikap, perilaku kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan.  

Kewirausahaan merupakan   suatu proses kreativitas dan inovasi yang mempunyai resiko tinggi untuk menghasilkan nilai tambah bagi produk yang bermanfaat bagi masyarakat.  

Kewirausahaan telah dipercaya sebagai tonggak kekuatan utama dalam membantu pertumbuhan ekonomi dengan menciptakan usaha baru dan lapangan kerja baru . Pertumbuhan tingkat kewirausahaan mampu  menghasilkan lapangan kerja, menghadirkan inovasi, dan meningkatkan efisiensi di berbagai sektor ekonomi.

Kewirausahaan dapat didorong melalui pembelajaran kewirausahaan. Pembelajaran kewirausahaan  merupakan usaha sadar yang dilakukan individu untuk menambah wawasan tentang kewirausahaan dan menumbuhkan jiwa dan perilaku berwirausaha.   

Pembelajaran kewirausahaan adalah proses edukatif yang bertujuan membentuk jiwa wirausaha pada diri mahasiswa sehingga yang bersangkutan menjadi individu yang kreatif, inovatif dan produktif. 

Pembelajaran kewirausahaan bertujuan meningkatkan kesadaran bahwa kewirausahaan sebagai pilihan karir dan meningkatkan pemahaman proses pendirian dan pengelolaan usaha/bisnis baru.  Pembelajaran kewirausahaan berkontribusi dalam membantu mengembangkan sikap, kemampuan, dan keterampilan kewirausahaan.

Konsep pembelajaran kewirausahaan bermula di Amerika Serikat pada tahun 1947, ketika Myles Mace mengembangkan pembelajaraan kewirausahaan di Harvard Business School. 

Semakin berkembang sejak akhir tahun 1960-an, pembelajaran kewirausahaan telah menyebar ke seluruh dunia dengan kecepatan yang terus meningkat. Memperkenalkan konsep dasar kewirausahaan dan pendekatan kewirausahaan di perguruan tinggi dapat mempengaruhi persepsi mahasiswa terhadap kewirausahaan serta kesadaran mereka dalam memilih pekerjaan setelah lulus nanti.

Efektivitas suatu pembelajaran merupakan suatau hal yang sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang memudahkan siswa untuk mempelajari sesuatu yang bermanfaat seperti fakta, keterampilan, nilai, konsep, dan bagaimana hidup serasi dengan sesama atau suatu hasil belajar yang diinginkan.  

Senada dengan Wragg, Nieveen   berpendapat bahwa pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang secara operasional memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan.  

Tulisan ini  bertujuan untuk mengetahui, mengukur dn menganalisis efektivitas pembelajaran kewirausahaan yang dapat meningkatkan keterampilan berwirausaha mahasiswa melalui “ triangle model”. Hasil kajian dapat diajdikan masukan bagi para pengambil kebijakan yang terkait dengan pembelajaran kewiraushaan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan