Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi: Kabupaten Tanjung Jabung Barat
Lingkup Pendidikan: SMA Negeri 5 Tanjung Jabung Barat
Penulis: Aminuddin, S.Pd
Tanggal: Sabtu, Desember 2022
A. Situasi:Â Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
1. Kondisi yang menjadi latar belakang masalah adalah:
- Siswa merasa kurang tertarik terhadap pembelajaran Bahasa Inggris
- Guru masih monoton dalam kegiatan pembelajaran
- Guru belum maksimal dalam menggunakan media pembelajaran
- Media yang digunakan guru kurang menarik
- Sumber belajar yang digunakan guru belum bervariasi
2. Alasan praktik ini penting untuk dibagikan
- Agar guru mengetahui strategi pembelajaran yang terbaik dan media yang tepat untuk melakukan aktivitas pembelajaran di kelas bersama siswa, selain itu permasalahan ini juga tentunya dialami oleh banyak guru lainnya, sehingga dengan sudah dilaksanakannya praktik ini diharapkan dapat memotivasi dan menjadi contoh bagi rekan guru yang lain untuk kemajuan pelaksanaan pembelajaran disekolah lain.
- Praktik ini juga diharapkan bisa menjadi bahan refleksi diri agar guru mampu memperbaiki proses dan hasil pembelajarannya.
3. Peran dan tanggung jawab saya sebagai guru dalam praktik pembelajaran ini adalah:
- Mendesain pembelajaran menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan media pembelajaran audio visual yang kontekstual, serta evaluasi akhir pembelajaran dengan penilaian; sikap, pengetahuan dan keterampilan sesuai materi pengelompokan jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.
- Mendesain pembelajaran menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan media pembelajaran audio visual yang kontekstual, serta evaluasi akhir pembelajaran dengan penilaian; sikap, pengetahuan dan keterampilan sesuai materi pengelompokan jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah
B. Tantangan : Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat
1. Tantangan untuk mencapai tujuan dalam kegiatan ini adalah:
- Guru harus mampu meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa inggris.
- Guru harus mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara menggunakan bahasa inggris.
- Pemilihan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik peserta didik