Mohon tunggu...
amin yeremia siahaan
amin yeremia siahaan Mohon Tunggu... Lainnya - penyuka buka fiksi dan sejarah...

Historia Magistra Vitae

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Novel "Vegetarian", Awal Resolusi Tahun Baru

3 Januari 2019   22:53 Diperbarui: 3 Januari 2019   23:23 261
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Setelah tuntas membaca Vegetarian, jujur saya akui masih sulit mengerti apa yang hendak disampaikan Han Kang. Ada gap antara judul dan isi. Terlepas dari itu, adakah karakter Hye di dunia nyata? 

Seseorang yang dapat berubah drastis karena mimpi? Perubahan yang dapat mengubah relasi antarkeluarga, bahkan di masyarakat. Jika memang ada Hye dalam keseharian kita, mungkin saja jalan keluarnya ada dua. 

Pertama, tetap setia menemani dan merawat sembari percaya suatu saat akan kembali normal. Kedua, meninggalkannya karena dianggap sudah gila atau sinting dan malah bikin susah banyak orang. Dan di sinilah hati nurani kita akan diuji. 

Di sinilah rasa kemanusiaan kita dipertaruhkan. Ah, mungkin saja Han Kang tidak mau ambil pusing tentang hal ini. Satu hal yang pasti ia berhasil membuat pembacanya bingung untuk menerka alur cerita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun