Mohon tunggu...
AMI MUSTAFA
AMI MUSTAFA Mohon Tunggu... Apalah apalah, jangan ribet! aku sendiri sudah cukup ribet orangnya

Nulis suka-suka, tema suka-suka, konsistensi suka-suka

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Saya Melakukan Transaksi Hantu

6 Desember 2020   20:31 Diperbarui: 12 Desember 2020   19:58 62 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Saya Melakukan Transaksi Hantu
Pixelab editing

Lebay ya judulnya, tapi sepertinya itu adalah ungkapan yang tepat untuk kejadian yang saya alami. Dimana transaksi yang saya lakukan tidak bisa lagi di treking, tidak tercatat di aplikasi bersangkutan tapi saldo dana saya terpotong.

Sekarang ini banyak kemudahan yang bisa kita dapatkan dengan semakin majunya teknologi. Dalam pembelian paket data misalnya. Saya tidak perlu pergi keluar rumah atau terkendala waktu yang sudah malam. Mau hujan, panas, mager, tengah malam pun tak ada masalah, yang penting punya saldo rekening cukup dan punya pulsa untuk menjalankan aplikasi. Eh, satu lagi yang paling penting, punya handphone.

Berawal dari sinyal yang terasa sangat lambat, saya pikir karena saya beli paket data ketengan 1,5 Gb dengan masa aktif seminggu. Padahal biasanya saya pakai paket data Combo sakti 20 Gb dan sinyal melaju bebas hambatan. Akhirnya, Sabtu, 05-12-2020 jam 22:40 saya putuskan untuk membeli paket data Combo sakti walaupun paket ketengan belum habis. Lewat aplikasi MyTelkomsel seperti biasanya. Karena beli di aplikasi lebih murah dan praktis tanpa perlu keluar rumah, mana tengah malam pulak kan. Di aplikasi MyTelkomsel sekarang kan sudah lebih lengkap metode pembayarannya, selain bisa pakai pulsa yang ada, pakai Linkaja, Gopay, Shopee dan Dana.

Saya punya akun shopee pay dan kebetulan saldonya cukup untuk bayar paket data yang saya pesan. Sebelumnya saya pernah melakukan transaksi ini, beli paket data di aplikasi MyTelkomsel dan bayar dengan shopee pay, berhasil. Tapi kali ini entah karena HP saya yang error atau sinyal yang bermasalah atau lagi apes, ketika notifikasi dari shopee bahwa pembayaran saya berhasil lengkap dengan nomor transaksi, nomor referensi, tanggal dan jam transaksi, saat itu jam 22:41, nyatanya di aplikasi MyTelkomsel data yang saya beli tidak ada. Paket data tidak bertambah. Notifikasi pembelian dari MyTelkomsel juga tidak ada.

Saya cek ke MyTelkomsel, lho, bukan hanya paket data saya tidak bertambah, catatan transaksi pun tidak ada. Kenapa begini.Galau kan saya. Tadinya kesal gara-gara sinyal lelet sekarang tambah galau karena paket tidak bertambah dan saldo shopee pay berkurang. Haduuh. Mikir keras donk, kemana harus cek transaksi barusan. Kutak-katik fitur  MyTelkomsel tetap tidak ketemu. Akhirnya chat customer care, mbak Veri aduh gak ada solusi, yang dicek hanya transaksi pembelian pulsa. Pembelian paket combo sakti saya tidak tercatat. Lalu coba cek ke shopee, bisa tidak ya pembayaran saya untuk merchant MyTelkomsel dibatalkan, ternyata belum bisa karena harus diperiksa tim terkait dulu.

Masih penasaran sama MyTelkomsel, setelah nyerah tidak ketemu riwayat transaksi barusan akhirnya pakai fitur email untuk menghubungi MyTelkomsel. Itu sudah hampir dini hari ya. Dengan judul email yang dramatis : Nyesal Beli paket data melalui MyTelkomsel bayar dengan shopee pay. Maksudnya supaya ditanggapi serius, gak nyesal amat sih, cuma nyesek dikit. 

Rupanya petugas MyTelkomsel siaga 24jam ya, email saya dibalas dengan segera. Apa karena judul email yang dramatis ya, hehe. Customer care yang menjawab email menanyakan bantuan apa yang saya butuhkan. Curhat dong saya. Customer care via email ini meminta beberapa data seperti nomor hp, tipe hp, os yang dipakai, nominal transaksi terakhir yang berhasil, capture pembayaran di shopee, dan lainnya.

Berbalas email dengan customer care MyTelkomsel berlangsung beberapa kali, saya lihat di inbox Gmail saya sampai 17 email, dari saya dan MyTelkomsel. Mereka ganti-gantian sih terlihat dari nama yang tercantum di akhir email namanya beda-beda. Dan saya sempat mengulang kembali mengirimkan data yang mereka minta sampai saya bilang, maaf ya data yang diminta kenapa tidak berhubungan dengan kondisi yang saya alami, tidak bisakah tolong cek pembayaran saya dengan metode pembayaran shopee pay. Dengan sopan mereka memberi penjelasan bahwa data itu dibutuhkan untuk Proses validasi yang dilakukan dengan tujuan untuk keamanan dan menghindari penyalah-gunaan nomor pelanggan oleh pihak lain. Akhirnya saya menurut dan memberikan data yang diminta. 

Lagi-lagi mereka memeriksa riwayat transaksi terakhir saya dan tidak menemukan pembelian paket combo sakti yang saya bayar dengan metode pembayaran shopee. Pokoknya hilang aja tuh riwayat transaksi,raib, saya merasa seperti sudah melakukan transaksi hantu jadinya.

Hasil akhir dari chat via email ini, saya masih harus menunggu proses penanganan yang tim terkait mereka lakukan. Walaupun paket data Combo sakti saya belum bertambah minimal saya senang keluhan saya ditanggapi dengan baik dan ramah oleh customer care officer MyTelkomsel. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x