Mohon tunggu...
AMI MUSTAFA
AMI MUSTAFA Mohon Tunggu... Apalah apalah, jangan ribet! aku sendiri sudah cukup ribet orangnya

Nulis suka-suka, tema suka-suka, konsistensi suka-suka

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Gowes ke Way Bekhak

23 November 2020   10:34 Diperbarui: 23 November 2020   10:37 246 9 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gowes ke Way Bekhak
Gerbang masuk WB (dokpri)


Wai Bekhak atau WB, berada di Pekon Sukaraja, Kecamatan Talang Padang, Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung. Untuk menuju kesana tidaklah sulit. Bisa ditempuh dengan kendaraan mobil dan motor. Dari Bandar Lampung hanya memerlukan waktu sekitar 1-1,5 jam. 

Jika naik kendaraan umum kita bisa menggunakan bus jurusan Rajabasa- Kota Agung. Gerbang masuk taman pemandian ini sudah diberi gapura dengan tulisan besar “Taman Pemandian Way Bekhak”. Masuk melalui gapura tersebut, sejauh kurang lebih 1 km  melewati perkampungan dan perkebunan.

Di ujung jalan, terdapat lahan kosong untuk parkir kendaraan yang dapat menampung 8-10 mobil. Turun dari kendaraan, kita perlu berjalan sedikit di tepian hamparan sawah, yang selain ditanami padi juga ditanami Selada Air ( Nasturtium officinale ) yang bisa pengunjung beli.

Fasilitas disini cukup sederhana, terdapat beberapa pondok yang berbayar, kamar ganti setelah berendam, satu warung yang menyediakan camilan, gorengan dan minuman yang hangat. Untuk masuk ke lokasi, dikenakan tarif Rp. 25.000,- untuk mobil, Rp. 10.000,- untuk motor dan Rp. 2000 untuk orang.

Tiket masuk (dokpri)
Tiket masuk (dokpri)

Wai Bekhak dalam bahasa Lampung artinya Air Lebar. Sebenarnya tempat pemandian ini adalah saluran Irigasi. Ada pintu air di dekat bendungan. Way Bekhak menjadi populer dan akhirnya menjadi objek wisata karena airnya yang sangat jernih dan segar.

Beberapa waktu lalu komunitas sepeda yang ada di Talang Padang, Goweser Talang Padang (GTP) mengisi jadwal rutin gowes nya ke Way Bekhak. Trek yang dilalui cukup seru. Rutenya Kalibening - Campang - Kedaloman- lewat Wisata Kebon jambu Kedora - Naik Bukit Way Bekhak - Finish pemandian Way Bekhak.

Start dari Pekon (Desa) Sinar Banten menuju Pekon Kalibening arah ke Campang melalui jalan aspal yang tidak terlalu mulus dengan pemandangan sawah luas terbentang. Masuk ke arah Kedaloman membelah area persawahan lalu lanjut masuk ke single track yang saat musim hujan lumayan becek. 

Kondisi jalan yang sempit, menanjak dan becek di Bukit Way Bekhak juga ada yang dilalui dengan MTB alias main tuntun bae. Hey heey, nuntun it's not crime lah yaw.. yang penting happy. 

Jalur blusukan yang dipakai komunitas GTP ini berkisar kira-kira 10 kilometer,  lumayan seru buat gowes tipis-tipis. Ada bonus foto sessions juga di Wisata Kebun Jambu Kedora, area perkebunan jambu kristal di Pekon Kedaloman.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x