Mohon tunggu...
Amelia Nur Fauziah
Amelia Nur Fauziah Mohon Tunggu... Public Relations

hello, its me!

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Insecure dan Overthinking, Normal atau Perlu Dihilangkan?

26 April 2021   10:40 Diperbarui: 26 April 2021   13:28 152 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Insecure dan Overthinking, Normal atau Perlu Dihilangkan?
Ilustrasi mental depresi. (freepik/jcomp)

"Memasuki jam malam menuju dini hari, insecure dan overthinking pasti datang tanpa perlu kita undang"

Rasa insecure, overthinking, atau tidak percaya diri pasti pernah dirasakan oleh semua orang. Perasaan ini sering kamu rasakan tiba-tiba dan biasanya terjadi pada malam hari. Bahkan orang yang dilihat sempurna dan paling percaya diri sekalipun, pasti pernah merasakannya. 

Lalu, Apa sih Insecure Itu?

Perasaan insecure atau tidak percaya diri. (freepik/rawpixel)
Perasaan insecure atau tidak percaya diri. (freepik/rawpixel)

Insecure adalah perasaan cemas, tidak aman, khawatir, dan tidak percaya diri. Dengan kata lain, orang yang sedang insecure cenderung merasa dirinya kosong dan tidak memiliki hal baik. Perasaan ini normal terjadi pada siapapun. 

Bagi beberapa orang, insecure bisa menjadi sesuatu yang dirasakan terus-menerus. Hal ini tentu akan berdampak negatif pada kesehatan mental dan juga tubuh kamu. Kondisi ini bisa timbul akibat pengalaman buruk, cara pandang yang salah, atau sifat perfeksionis.

Perasaan tidak percaya diri ini bisa terjadi kapanpun dan dimanapun, baik dalam hal pekerjaan, hubungan, maupun sosial. Alhasil, dampak dari insecure ini bisa mempengaruhi kesehatan fisik, mental, serta keefektifan pekerjaan. 

Apa Penyebabnya?

Insecure dalam pekerjaan. (freepik/gpointstudio)
Insecure dalam pekerjaan. (freepik/gpointstudio)

Penyebab munculnya rasa insecure berbeda-beda setiap orangnya. Biasanya, tergantung dengan sifat pribadi individu tersebut. Namun, secara garis besar, mayoritas terjadi karena adanya peristiwa traumatis atau krisis, seperti perceraian, pengucilan, kebangkrutan, atau kehilangan.

Beberapa faktor yang memicu rasa insecure adalah takut akan penolakan, kecemasan sosial, kurang percaya diri, terlalu perfeksionis, ataupun korban bullying. Faktor-faktor tersebut menyebabkan seseorang menilai dirinya sendiri dan menemukan beberapa kekurangan pada dirinya dibandingkan dengan orang lain. 

Tidak jarang pula kamu mungkin pernah mengalami kurang percaya diri dalam situasi sosial, seperti pesta, pertemuan keluarga, wawancara, hingga kencan. Perasaan insecure biasanya berawal dari rasa takut akan dievaluasi atau dinilai kurang oleh orang lain. Akibatnya, kamu akan menghindari situasi sosial dan mengalami perasaan insecure.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x