Mohon tunggu...
Amelia Nur Fauziah
Amelia Nur Fauziah Mohon Tunggu... Human Resources - Public Relations

hello, its me!

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi, Lulus Jadi Apa?

19 April 2021   13:53 Diperbarui: 20 April 2021   14:13 467
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi mahasiswa. (foto: freepik.com/wayhomestudio)

Studi ilmu komunikasi mempelajari bagaimana berinteraksi dengan teman, rekan kerja, maupun pihak luar. Cara komunikasi inilah yang dianggap penting terutama untuk membangun relasi perusahaan serta mendapatkan konsumen baik secara bahasa, verbal, maupun non verbal.

Jurusan ilmu komunikasi menjadi salah satu jurusan dengan prospek kerja paling luas dalam jangka panjang. Hal ini dikarenakan knowledge dan skill yang ada pada jurusan ilmu komunikasi memang dibutuhkan oleh banyak jenis pekerjaan. 

Di era digital ini, media komunikasi menjadi hal yang penting dalam menyampaikan informasi yang aktual, akurat, dan tepat waktu. Era ini mengarah pada teknologi dan kemampuan menyampaikan informasi yang dinamis dan mudah diterima masyarakat. 

Seperti hal nya perkembangan media yang sangat cepat, seperti televisi, sosial media, dan platform-platform lainnya. Teknologi dan perkembangan tersebut membuka banyak peluang bagi mahasiswa khususnya lulusan ilmu komunikasi, untuk bekerja di segala bidang perusahaan. 

6 Prospek Kerja Ilmu Komunikasi dan Skill yang Dibutuhkan

Public Relations 

Public relations. (foto: freepik.com/pressfoto)
Public relations. (foto: freepik.com/pressfoto)

Public Relations atau Hubungan Masyarakat adalah profesi utama di perusahaan yang bertugas dalam menyampaikan informasi ke publik. Seorang public relations juga bertanggung jawab dalam menciptakan image positif perusahaan di mata publik. 

Dibutuhkan skill public speaking yang memadai untuk menciptakan relasi yang bagus dengan stakeholders. Perusahaan melihat public relations sebagai strategi membentuk citra dan menjembatani antara perusahaan dengan publik. 

Selain itu, skill komunikasi strategis yang disusun seorang humas juga akan menentukan bagaimana perusahaan menjalin kerja sama dengan perusahaan lain. Saat terjadi miskomunikasi atau kasus pada perusahaan, sudah menjadi tugas PR dalam mengatasi dan menjelaskan pada pihak-pihak terkait perihal kasus tersebut. 

Menjalani profesi PR berarti harus bisa membujuk, menarik, dan meyakinkan masyarakat bahwa perusahaan mereka lah yang terbaik. Untuk mendapatkan kepercayaan publik, perusahaan melalui public relations membentuk beberapa strategi yang dinilai efektif seperti CSR, campaign, maupun CRM. 

Media

Ilustrasi live report oleh media. (foto: freepik.com/macrovector)
Ilustrasi live report oleh media. (foto: freepik.com/macrovector)

Lulusan Ilmu Komunikasi berpotensi untuk terjun langsung ke dunia media baik dari segi broadcast, online, maupun offline. Media membutuhkan banyak skill yang ada pada mahasiswa-mahasiswa jurusan ilmu komunikasi. 

Kemampuan seperti jurnalistik, editing, maupun public speaking sangat bermanfaat buat kamu mahasiswa ilmu komunikasi yang ingin bekerja di media. Sama seperti PR, ada beberapa basic skill yang umumnya dipelajari di ilmu komunikasi, seperti public speaking, negosiasi, maupun komunikasi efektif. 

Profesi videographer, content writer, content planning, hingga reporter menjadi pilihan alternatif buat kamu yang ingin kerja di bidang media, dengan latar belakang pendidikan ilmu komunikasi. Kemampuan menyusun konten dan menyesuaikan dengan target market sangat penting bagi media.

Marketing

Marketing. (foto: freepik.com/rawpixel.com)
Marketing. (foto: freepik.com/rawpixel.com)

Dengan menjadi marketing, kamu bisa menyalurkan kemampuan baik itu melalui profesi marketing, marketing communication, ataupun marketing analyst. Di dalamnya, kamu akan melakukan tugas yang membutuhkan tingkat komunikasi yang baik, seperti membangun kerja sama, partnership, meningkatkan customer, maupun berkomunikasi dengan konsumen. 

Terlebih lagi, saat ini memang media periklanan semakin bervariasi. Oleh karena itu, prospek kerja lulusan ilmu komunikasi berpeluang besar dalam menjadi periklanan. Tugas marketing sendiri adalah memperlancar promosi dengan membentuk citra dari brand suatu produk barang atau jasa sehingga menjadi baik dan dikenal oleh masyarakat

Event Organizer

Ilustrasi event organizer. (foto: freepik.com/sitthiphong)
Ilustrasi event organizer. (foto: freepik.com/sitthiphong)

Baik itu tim maupun personal, setiap Event Organizer (EO) membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik untuk menjaga hubungan dengan client. Buat kamu lulusan ilmu komunikasi, prospek EO sangat besar dan cukup menjamin jika dilakukan dengan sungguh-sungguh. 

Perusahaan besar pun akan menggunakan EO untuk setiap acaranya agar seluruh kegiatan berjalan lancar dan sesuai detil yang dipersiapkan. EO bertanggung jawab dalam mengurus semua hal terkait persiapan acara, mulai dari klien, vendor, hingga para tamu atau undangan yang hadir.

Copywriter

copywriting. (foto: freepik.com/pressfoto)
copywriting. (foto: freepik.com/pressfoto)

Seorang copywriter bertanggung jawab dalam memasarkan dan mempromosikan sebuah barang atau jasa melalui copywriting. Copywriting membutuhkan kemampuan menulis, melakukan riset, dan menyusun kata sedemikian rupa agar sesuai dengan yang customer cari. 

Desain Grafis 

Design graphic. (foto: freepik.com)
Design graphic. (foto: freepik.com)

Tidak hanya berhubungan dengan public speaking, kemampuan desain grafis juga menjadi modal bagi lulusan ilmu komunikasi dalam mencari pekerjaan. Khususnya buat kamu yang berkonsentrasi pada multimedia, kamu akan bekerja dengan menggunakan software desain, seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, dan masih banyak lagi. 

Desainer grafis berperan dalam menciptakan tipografi, ilustrasi, dan grafis yang digunakan untuk menyampaikan informasi suatu produk dalam bentuk desain yang menarik.

Pada kenyataannya, jurusan ilmu komunikasi memang menjadi salah satu jurusan paling dilihat oleh perusahaan dalam membentuk strategi mereka membangun kepercayaan publik. 

Masih banyak prospek kerja lainnya yang bisa kamu dapatkan. Namun, sesuaikan dengan minat dan passion kamu ya!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun