Mohon tunggu...
Amelia Sacio Ramadhani
Amelia Sacio Ramadhani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Bogor

Amelia Sacio Ramadhani 18 thn SV IPB 58

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

GATRIK (Games and Trick) Inovasi Pembelajaran Masa Kini

31 Juli 2021   17:11 Diperbarui: 31 Juli 2021   17:13 189
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

GATRIK (GAMES AND TRICK) INOVASI PEMBELAJARAN MASA KINI

Masyarakat Indonesia memiliki minat membaca yang rendah, termasuk siswa-siswinya. Siswa-siswi lebih tertarik bermain gadget dibandingkan dengan membaca. Dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kebanyakan siswa lebih mementingkan membeli pulsa handphone dibandingkan dengan membeli buku.Lalu lebih suka menikmati kegiatan berkomunikasi dengan handphone daripada membaca buku.Hal ini menunjukkan betapa siswa memiliki minat baca yang rendah.

Hasil survei lembaga underbouw perserikatan bangsa-bangsa (PBB) UNESCO menemukan fakta bahwa minat baca masyarakat Indonesia di asia, khusunya di kawasan Asia Tenggara menduduki peringkat keempat. Unesco juga menyatakan Indonesia sebagai urutan kedua dari bawah masalah literasi dunia. Menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,001%. Jika analogikan dari 1.000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca.

Fakta kedua, 60 juta penduduk Indonesia memiliki gadget, atau urutan    ke-5 dunia terbanyak kepemilikan gadget. Lembaga riset digital marketing Emarketer memperkirakan pada 2018 jumlah pengguna aktif smartphone di Indonesia lebih dari 100 juta orang. Ironisnya, meski minat membaca buku rendah,tetapi menurut data wearesocial per Januari 2017 mengungkap bahwa orang Indonesia bisa menatap layar gadget kurang lebih 9 jam per hari.

Kemampuan membaca merupakan kemampuan dasar dalam belajar karena hampir semua kemampuan untuk memperoleh informasi dalam belajar bergantung pada kemampuan tersebut. Melalui membaca seseorang dapat menggali informasi, mempelajari pengetahuan, memperkaya pengalaman, mengembangkan wawasan, dan mempelajari segala sesuatu. Rendahnya kemampuan membaca oleh para generasi muda akan berdampak buruk terhadap pembangunan bangsa.

Selain itu, rendahnya kemampuan membaca siswa akan berpengaruh kepada minat siswa dalam kegiatan belajar dan mengajar yang nantinya akan mempengaruhi kualitas belajar maupun kualitas prestasi diri siswa. Oleh karena itu, GATRIK hadir sebagai solusi untuk meningkatkan minat belajar siswa-siswa Indonesia untuk kualitas belajar yang lebih baik dan lebih menyenangkan.

GATRIK atau singkatan dari Games n Trick merupakan model pembelajaran masa kini yang diajukan untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan pembelajaran yang menyenangkan. GATRIK bertujuan untuk membangun semangat belajar siswa-siswi yang merasa jenuh dengan kegiatan pembelajaran yang monoton.

GATRIK memiliki 4 konsep pembelajaran, yaitu KAGET (Come and Get Present), ABC RANCOOS (ABC Random and Choose), Estafet, dan EAT EMBER (Easy to Remember).

  • Pertama, KAGET atau singkatan dari Come and Get Present adalah games yang dapat dilakukan dengan cara siswa-siswi dibagi menjadi beberapa kelompok, lalu pengajar akan memberikan pertanyaan kepada semua siswa, anggota kelompok yang dapat menjawab pertanyaan akan menuliskan jawabannya di papan tulis. Kelompok yang mendapat nilai terbesar akan mendapatkan hadiah dari pengajar berupa makanan, buku, pulpen, atau barang lainnya.
  • Kedua, ABC RANCOOS merupakan singkatan dari ABC Random and Choose merupakan permainan sambil belajar yang kedua, konsep inovasi ini dapat dilakukan dengan cara salah satu siswa diminta untuk maju dan berbalik tubuh, setelah itu siswa yang lainnya bersiap untuk mengacak dan tidak boleh duduk di tempat duduk semula. Siswa yang diminta maju akan memilih huruf yang disediakan dan dapat memilih dari mana awal mulai berhitungnya. Siswa yang mendapat huruf dari yang disebutkan harus menjawab pertanyaan, jika dapat menjawab akan mendapat hadiah dan jika tidak dapat menjawab akan diminta untuk maju.
  • Ketiga, ESTAFET merupakan permainan yang dapat dilakukan dengan cara siswa-siswi diminta berdiskusi untuk menentukan lagu yang akan dinyanyikan bersama-sama. Setelah memilih lagu, siswa akan melakukan estafet dengan barang yang tersedia di kelas seperti pulpen, penghapus, spidol dan lainnya. ketika lagu berhenti dinyanyikan, siswa yang terakhir memegang barang tersebut akan diberikan pertanyaan. Jika salah menjawab siswa tersebut akan berdiri dan permainan dilanjutkan, jika siswa lain benar menjawab pertanyaan siswa tersebut dapat menolong temannya yang berdiri dan mereka dapat duduk kembali.
  • Keempat, EAT EMBER atau singkatan dari Easy to Remember merupakan trik untuk menghafal materi yang ingin dihafalkan. Sebagai contoh siswa ingin menghafal nama-nama dan urutan presiden Indonesia dari satu sampai saat ini. Mereka dapat melakukannya dengan cara menuliskan namanya secara berurutan Soekarno, Soeharto, B.J Habibie, Abdurrahman wahid (Gusdur), Megawati, Susilo Bambang Yudhoyono, dan Jokowi. Siswa-siswi dapat membuat singkatan sendiri menjadi " KaHa HaGus MegaSuKowi" dengan singkatan ini diharapkan siswa lebih semangat dalam mengingat materi saat ujian.

GATRIK merupakan solusi dari masalah pembelajaran dari siswa-siswa di   Indonesia. GATRIK atau singkatan dari Games n Trick merupakan konsep pembelajaran masa kini yang terdiri dari empat konsep, tiga berupa permainan dan satu berupa trik yang mengedepan gaya belajar yang menyenangkan dan inovatif sebagai wajah baru dalam pembelajaran di masa kini agar siswa merasa tidak monoton dan semangat dalam belajar.

DAFTAR PUSTAKA

Wahyuni S. 2009. Menumbuhkankembangkan Minat Baca Menuju Masyarakat Literat. Jurnal Diksi. 16(2): 179-189.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun