Mohon tunggu...
Shita R.Rahutomo
Shita R.Rahutomo Mohon Tunggu... Administrasi - perempuan penyuka traveling, seni, masak dan kuliner juga hujan

Officer, menulis, gila baca, traveling, blogger, makan dan masak enak, ingin jadi ibu yang baik dan bermanfaat bagi sesama, pemimpi,

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Inovasi dan Layanan Prima Kunci JNE Meraih Gold Champion Courier Service Indonesia WOW Brand 2023

30 Mei 2023   10:00 Diperbarui: 30 Mei 2023   14:30 549
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
JNE meraih Gold Champion Indonesia WOW Brand 2023. Dok JNE

JNE kembali dianugerahi penghargaan Gold Champion Indonesia  WOW Brand 2023 dalam kategori courier service  yang dilaksanakan MarkPlus Inc. melalui divisi MarkPlus Insight berdasar survey dari 6584 responden di beberapa kota besar Indonesia berdasar konsep WOW Marketing Philip Kotler. Penghargaan diberikan secara langsung oleh Chief Excecutive Officer MarkPlus Inc. Jacky Mussri kepada Kurnia Nugraha selaku Head of Media Relation JNE Express di Hotel Westin Jakarta pada 11/05 pada acara WOW Brand Festive 2023.

MarkPlus Inc. secara rutin setiap tahun menyelenggarakan konferensi pemasaran yang pada tahun 2023 ini bertema Branding for The Game Changer yang dihadiri 300 brand terbaik Indonesia dan setiap tahun memilih brand-brand terbaik. JNE berpartisipasi memaparkan "Boost Affinity by Brand Collaboration" yaitu strategi pemasaran melalui kolaborasi yang dibawakan oleh Kurnia Nugraha selaku Head of Media Relation JNE.

MarkPlus Inc. secara rutin setiap tahun menyelenggarakan konferensi pemasaran yang pada tahun 2023 ini bertema Branding for The Game Changer yang dihadiri 400 brand dan terpilih 300 brand significant Indonesia. Setiap tahunnya MarkPlus  memilih brand-brand terbaik dari berbagai jenis bisnis. Pada perhelatan kali ini JNE berpartisipasi memaparkan makalah“Boost Affinity by Brand Collaboration” yaitu strategi pemasaran melalui kolaborasi antara pihak internal JNE yaitu para manajemen dan karyawan dan pihak eksternal melalui mitra bisnis dan pelanggan yang dibawakan oleh Kurnia Nugraha selaku Head of Media Relation JNE.

Di masa sosial media menjadi media yang naik daun dan dianggap lebih terpercaya oleh konsumen dibanding media mainstream bahkan, maka setiap perusahaan harus mengoptimalkan pelayanannya agar mampu survive dan tumbuh bisnisnya serta tersebar puasnya pelanggan pada jasa yang diberikan. Untuk menciptakan pelayanan prima, JNE menerapkan kolaborasi dengan seluruh stakeholder, mitra bisnis dan pelanggan dan menjalin hubungan baik dengan internal dan eksternal perusahaan dengan tagline “Connecting Happiness” sehingga tak heran jika mampu berjaya selama 33 tahun beroperasi sebagai perusahaan ekspress dan logistik. Hal ini bertepatan dengan tahun ke delapan MarkPlus Inc. malaksanakan konferensi pemasaran yang menjadi ajang pertemuan para-Brand enthusiasts yang mengambil tema Branding for The Game Changer.

JNE dikenal sebagai salah satu perusahaan ekspedisi barang terbesar di Indonesia, karena jaringan dan jangkauan area distribusinya yang mencakup lebih dari 83 kota, dengan gerai penjualan berjumlah lebih dari 8,000 titik

Di era pandemi perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang pengantaran barang seperti JNE tumbuh sangat cepat karena memenuhi kebutuhan masyarakat yang terkendala mobilitasnya atas kebijakan pemerintah untuk melakukan pembatasan aktivitas di luar rumah, berbagai tenant dan merchant pun dengan sigap membuka layanan jualan online untuk mengatasi pembatasan kegiatan madyarakat. Bisnis online mengalami pertumbuhan yang sangat cepat. Apalagi bagi pelaku UKM dan UMKM peluang bisnis online melalui media sosial dimanfaatkan sebaik-baiknya karena selain tidak membutuhkan dana besar untuk penyewaan tempat yang akan menguras modal yang terbatas juga melihat potensi pertumbuhan omzet yang cepat karena produknya tersebar melewati batas wilayah. Penentu keberhasilan penjualan ditentukan dari pemilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar yang disasar, kualitas barang yang dapat dipertanggungjawabkan dan harga produk yang kompetitif serta agresifnya penjualan melalui dosial mefia.

Berbanding lurus atas kecepatan pertumbuhan bisnis secara online, maka jasa kurir barang pun tumbuh pesat yang melayani pengiriman produk dari produsen atau seller pada konsumen atau buyer. Beberapa pelayanan yang disediakan JNE adalah pengiriman paket baik barang maupun dokumen secara cepat (ekpress) atau standar sesuai waktu.  JNE Express memberi pelayanan kurir dokumen dan produk pada UMKM yang menjual oleh-oleh dan makanan, memproduksi souvenir untuk pernikahan dan company event melalui program PESONA. PESONA adalah layanan pesan antar masakan dan makanan ringan khas Indonesia tanpa perlu mengunjungi pembuat aslinya. Masakan dan makanan ringan yang ditawarkan sudah melewati seleksi kelayakan dan masa percobaan selama hampir satu tahun untuk memastikan keamanannya untuk dikonsumsi oleh pelanggan.

 JNE juga memberikan layanan dokumen yang cepat dan terpercaya. Kepuasan pelanggan ditentukan oleh ketepatan waktu pengiriman, biaya yang affordable dan kompetitif serta terjaganya barang atau dokumen yang dikirim diterima tanpa cacat oleh alamat yang dituju. Konsumen tinggal mengunduh aplikasi JNE Rocket untuk memilih beberapa jenis program pelayanan seperti Diplomat Sevice untuk pelayanan barang berharga dan dokumen sangat rahasia yang akan dijemput dan diantarkan langsung oleh kurir untuk memastikan keamanannya, Super Speed (SS) Yaitu layanan yang sesuai waktu yang ditentukan, YES (Yakin Esok Sampai) layanan pengiriman pasti sampai dalam satu hari bahkan di akhir pekan sekalipun dan REG (Reguler Service ) Layanan pengiriman dalam waktu 1-7 hari ke berbagai wilayah Indonesia, OKE adalah layanan pengiriman ekonomis, JNE Trucking untuk pengiriman dalam jumlah besar melalui darat dan laut bahkan ada program JESIKA (Jemput Asi Seketika) , JNE Internasional adalah layanan pengiriman dengan tujuan luar negeri.Inilah berbagai inovasi yang dijalankan JNE untuk menjaga kepuasan pelanggan tak heran jika meraih gelar bergengsi tersebut.

Penghargaan Gold Champion yang diterima memotivasi JNE untuk melanjutkan performa kerja yang excellent, dan terus berkomitmen untuk berinovasi dalam pengembangan bisnis melalui berbagai program pelayanan agar terus bermanfaat bagi masyarakat dan konsumen setia JNE tentunya. “Kami berharap berbagai program dan Langkah JNE dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas,” demikian harapan yang disampaikan Kurnia dalam akhir pernyataannya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun