Mohon tunggu...
Pak Ustadz
Pak Ustadz Mohon Tunggu... Blog Pendidikan Agama Islam

Portal Islam: https://ustadz.my.id/

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Hikmah Kisah Nabi Yunus Ditelan Ikan Paus

27 Mei 2020   00:47 Diperbarui: 27 Mei 2020   00:55 16 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hikmah Kisah Nabi Yunus Ditelan Ikan Paus
Sumber Gambar: Islam Populer

Pernahkah kita merasa seolah-olah banyak hal terasa terlalu berat untuk dihadapi dan kita merasa berada dalam situasi yang mana kita tidak melihat cara untuk keluar? Apakah kita melihat masalah di dunia kita hari ini dan bertanya-tanya bagaimana semua masalah bisa diselesaikan? Jika kita merasa tidak tahu jalan keluar untuk menyelesaikan masalah, belajarlah dari kisah Nabi Yunus.

Kisah Nabi Yunus adalah kisah abadi yang memberi tahu kita bahwa akan ada jalan keluar untuk setiap masalah kalau saja kita memiliki iman yang kuat dan percaya kepada Allah. Seperti apakah kisah beliau lebih lengkapnya?

Panggilan Dakwah Nabi Yunus

Nabi Yunus bin Matta dikirim oleh Allah kepada orang-orang Niniwe, sebuah kota di daerah Mosul di Irak utara. Allah SWT meminta Nabi Yunus untuk berdakwah kepada orang-orang di Niniwe.

Niniwe sendiri adalah kota besar, ibu kota Asyur, dan kota itu menjadi tempat yang sangat buruk karena dipenuhi oleh orang-orang yang kufur. Yunus pergi ke kota itu dan mengajak orang-orang Niniwe untuk meninggalkan kebiasaan buruk mereka dan beriman kepada Allah.

Tetapi orang-orang itu tidak mendengarkan apa yang didakwahkan oleh Nabi Yunus dan nabi pun meninggalkan mereka. Meskipun Yunus adalah seorang nabi, Yunus tetap seorang manusia biasa dan ia merasa kecewa karena dakwahnya tidak dihargai sehingga ia pun keluar dari kota ketika ia tidak mendapatkan apa yang ia harapkan.

Setelah meninggalkan kota, Yunus naik kapal. Ia berlayar jauh meninggalkan tempat yang membuat ia merasa gagal dalam berdakwah. Namun, begitu di laut, badai melanda dan semua kru kapal ketakutan. Para pelaut  ini merasa bahwa para Tuhan laut pasti tidak senang dengan mereka, jadi mereka berpikir untuk melemparkan satu orang ke laut untuk menenangkan badai.

Para kru berpikir bertanya kepada semua penumpang kapal dan banyak yang menunjuk bahwa Yunus lah yang semestinya harus dibuang ke laut. Para kru pun melemparkan Yunus dengan penuh harapan bahwa setelah melemparkan Yunus ke laut maka hal itu akan melindungi diri mereka dan kapal mereka.

Mukjizat Allah Datang untuk Nabi Yunus

Begitu berada di air, sesuatu yang luar biasa terjadi. Allah mengirimkan seekor ikan besar, beberapa menggambarkannya sebagai ikan paus, untuk menelan seluruh tubuh Yunus. Begitu berada di perutnya, Yunus turun ke dasar laut, dipenuhi dengan keputusasaan yang luar biasa.

Yunus berpikir, bagaimana ia bisa selamat dari bencana ini? Apa jalan keluar dari situasi yang mungkin ada? Yunus benar-benar diliputi kegelapan, kegelapan perut makhluk itu, kegelapan yang dalam dan yang terburuk, kegelapan keputusasaan.

Meskipun ia adalah seorang yang religius, dipanggil untuk menjadi seorang nabi, dia mengalami keraguan, dan ketika ia berada dalam keputusasaan yang mendalam, segalanya berubah baginya. Dalam Alquran, dijelaskan bahwa Yunus "menangis dalam kegelapan."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN