Mohon tunggu...
Alya Ulfa Rahmastuti
Alya Ulfa Rahmastuti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Teknik Industri Universitas Diponegoro

An adaptable, highly motivated, and fast-learner Industrial Engineering student. With some experience in organizations and events, I learn about problem solving, team work, gain leadership skill, and bringing out the eagerness of wanting to enhance my knowledge and skills.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Banyak Keluhan Saat Work From Home, Mahasiswa KKN Undip Berikan Edukasi Penerapan Ergonomi kepada Warga

24 Juli 2021   09:27 Diperbarui: 24 Juli 2021   14:54 170 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Banyak Keluhan Saat Work From Home, Mahasiswa KKN Undip Berikan Edukasi Penerapan Ergonomi kepada Warga
Poster Solusi Ergonomi (Dokpri)

Semarang (19/7/2021) - Universitas Diponegoro mengadakan kegiatan KKN Tim II Periode 2020/2021 pada tanggal 30 Juni – 11 Agustus 2021 dengan mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi COVID-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)”. Salah satu kegiatan yang dilakukan Alya Ulfa Rahmastuti (21), salah satu mahasiswa Tim II KKN Undip adalah melakukan edukasi mengenai penerapan solusi ergonomi yang dapat dilakukan warga untuk menghindari keluhan-keluhan yang timbul ketika masa Pandemi terutama PPKM Darurat saat ini seperti low back pain, carpal tunnel syndrome, stress, serta keluhan bahu, leher, dan mata.

Kasus Covid-19 di Indonesia mengalami peningkatan yang sangat drastis mulai dari bulan Juni yang lalu. Karena peningkatan ini, Pemerintah memutuskan kebijakan mengenai PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat pada berbagai daerah. Kebijakan ini menyebabkan pekerja pada sektor non-esensial kembali bekerja secara work from home. Siswa dan mahasiswa hingga saat ini pun masih menjalani pembelajaran secara online. Berbagai macam keluhan pun datang dari para warga RW 01 Kelurahan Bangunharjo, Kecamatan Semarang Tengah yang melakukan pekerjaan dan pembelajaran secara daring. Ilmu ergonomi dapat dijadikan suatu solusi untuk meningkatkan kualitas diri dan lingkungan kerja dalam melakukan kegiatan secara daring tersebut.

Edukasi kepada Warga Melalui Grup Whatsapp (Dokpri)
Edukasi kepada Warga Melalui Grup Whatsapp (Dokpri)
Ergonomi merupakan suatu ilmu yang membahas mengenai interaksi manusia dengan komponen lingkungan sekitarnya untuk mendapatkan hasil yang optimal terkait dengan kesejahteraan manusianya sendiri serta lingkungan secara keseluruhan. Dengan menerapkan ergonomi ini, diharapkan memiliki benerapa manfaat seperti terhindar dari penyakit akibat kerja, meningkatkan produktivitas dan kenyamanan, serta terhindar dari stress yang tinggi. Pada edukasi ini, terdapat beberapa solusi yang ditawarkan yaitu mencakup penerapkan posisi kerja yang benar, perbaikan dari sisi lingkungan, olahraga rutin, dan penerapan 5S atau 5R.

Edukasi dan Diskusi dengan Warga Melalui Zoom (Dokpri)
Edukasi dan Diskusi dengan Warga Melalui Zoom (Dokpri)

Kegiatan edukasi ini disambut baik oleh warga RW 01 walaupun hanya dapat bertemu dan berdiskusi secara online melalui grup Whatsapp untuk meminimalisir bertemu dengan orang lain secara langsung dan menerapkan kebijakan PPKM Darurat. Para warga berharap dengan adanya edukasi ini dapat mengurangi keluhan-keluhan yang timbul ketika bekerja dan belajar dari rumah saat masa Pandemi, terutama ketika PPKM Darurat ini.

Oleh : Alya Ulfa Rahmastuti, Teknik Industri, Universitas Diponegoro
Dosen Pembimbing : Dr. Ir. Suzanna Ratih Sari, M.M., M.A.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN