Mohon tunggu...
Alya fahrialanwar
Alya fahrialanwar Mohon Tunggu... IAIN JEMBER

ALYA FAHRIAL ANWAR 18 SEPTEMBER 2001 IAIN JEMBER

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Filsafat Progesivisme

7 Mei 2020   12:12 Diperbarui: 7 Mei 2020   12:14 4 0 0 Mohon Tunggu...

A. Pengertian filsafat progresivisme

Filsafat ini perpandangan bahwa kehidupan harus berkembang secara terus menerus. Maksud dari berkembang terus menerus seperti halnya berbuat sesuatu hal yang positif atau baik. Tetapi pandangan seperti ini, belum bisa dikatakan benar.

Mungkin menurut kita benar, tapi belum tentu orang lain. Progresivisme mempunyai pandangan, dimana pandangan yang benar itu terdapat dari kenyataan alam semesta ini.

Bukan dari kenyataan spiritual ataupun supernatural. Pendidikan merupakan proses pengubahan atau proses dimana cara kita merubah sikap atau tata laku (perilaku) seseorang. Maka dari itu, terbentuk lah aliran atau metode progresivisme seperti ini.


Jadi kesimpulan dari pengertian filsafat progresivisme itu adalah aliran atau metode yang menginginkan kemajuan secara langsung atau cepat, dimana aliran ini memfokuskan pentingnya pendidikan sebagai sarana kemajuan, bidangnya ilmu, bagi para pendidik.

Progresivisme berfokus untuk menjadikan siswa agar bisa menjadi orang yg lebih produktif dan dapat mengembangkan atau mengasah potensi seorang anak. Pendidikan progresivisme ini juga dilandasi oleh filsafat naturalisme.

Tokoh tokoh progresivisme,

1. William james

Berkeyakinan bahwa otak atau pikiran manusia mempunyai fungsi atau kegunaan untuk hidup

2. John dewey

 Berpendapat bahwa dunia saat ini itu nyata, dan perubahan itu sesuatu yang tidak dapat di rencanakan
3. Hans vaihinger

Mempunyai arti yang simpel atau praktis. Segala pengertian Menurut dia dianggap benar, tergantung Cara dia menguasai pemikiran pemikiran atau pengertian itu saja.

Jadi, pengertian dari filsafat progresivisme itu sendiri dalan saya simpulkan teori yang memfokuskan pada dunia pendidikan. Pentingnya sarana pendidikan agar dapat mendidik siswa menjadi sarana kemajuan di dunia saat ini. Dimana proses sumbangan ilmu itu sendiri terdapat dari se sosok Guru, proses belajar juga, dan kurikulum atau metode di sekolah.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x