Mohon tunggu...
Alviyatun
Alviyatun Mohon Tunggu... ATLM (Ahli Teknologi Laboratorium Medik) di Daerah Istimewa Yogyakarta. Puisi adalah tempat saya mencurahkan isi hati saat melihat suatu hal yang menggelitik pikiran ataupun saat mengalami kegalauan dan kebahagiaan hati. Dengan membuat sebuah karya dalam bentuk tertulis berharap bisa menginspirasi dan menebar manfaat ke semua orang.

Blog : https://alviyatunyudi.blogspot.com/ Pesan : Proses belajar berjalan sepanjang hayat, proses sabar dan ikhlas menerima dan menjalani segala ketentuan Allah dengan ikkhtiyar yang optimal

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Ikrar Syawalan sebagai Niat untuk Saling Memaafkan

13 Mei 2021   22:09 Diperbarui: 13 Mei 2021   22:12 794 10 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ikrar Syawalan sebagai Niat untuk Saling Memaafkan
Ilustrasi: Tradisi Syawalan Yogya (Antara/Nyoman Budiana)

Assalammu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Alhamdulillah, umat Islam di seluruh dunia telah melewati waktu sebulan untuk melaksanakan ibadah puasa insyaAllah dengan penuh kesungguhan dan hanya mengharap ampunan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Meskipun harus melalui puasa sepanjang satu bulan penuh di bulan ramadhan, menahan lapar, haus, dan yang paling berat menahan hawa nafsu sendiri. Semua harus dijalankan sesuai perintah Allah, Tuhan yang Maha Sempurna. 

Perintah Allah yang termaktub dalam Al-Qur'an Surat Al Baqarah ayat 183. ditujukan kepada orang-orang yang beriman wajib menjalankan puasa ramadhan. Perintah ini bertujuan agar orang-orang beriman semakin bertakwa. 

Bahwa menjalankan puasa itu melatih untuk :

 1. bersabar dalam bertindak,

2.  menjaga lisan dan ucapan,

3.  mengendalikan emosi, 

4. menahan diri dalam kondisi lapar dan kehausan yang sangat, 

5. mengelola hati agar tak mudah benci dan tersulut iri, 

6. dan masih banyak lagi hal yang bisa dilatih saat menjalankan puasa ramadhan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN