Mohon tunggu...
Yovan Alvin Rivera
Yovan Alvin Rivera Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Mahasiswa aktif di sekolah tinggi pariwisata

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Kuliner Mantap dari Timur Cantik di Indonesia

4 Oktober 2022   17:19 Diperbarui: 4 Oktober 2022   17:22 100 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Hallo, nama saya Yovan Alvin Rivera biasa dipanggil yovan, saya adalah mahasiswa STP Trisakti yang beruntung mendapatkan beasiswa prerstasi pada tahun 2020. Dikesempatan kali ini saya lagi lagi akan membahas kuliner enak yang ada di maluku! membahas seputaran tempat kuliner yang wajib di coba bagi kalian kulineran nusantara.

tanpa basa basi saya akan langsung memebrikan informasi mengenai apa saja sih yang menjadi icon kuliner dimaluku yang wajib dicoba jika anda berpergian atau berwisata ke bagian timur indonesia ini!

1. papeda dan ikan kuah kuning

papeda merupakan masakan tradisional maluku yang terbuat dari sagu yang membuat tekstur dari makanan ini lengket dan putih sepeti lem. tapi jangan salah, karena inilah menjadi ciri khas tersendiri dari makanan timur ini. dulu masyarakat maluku dikenal lebih mengkonsumsi makananhasil dalam tanah ketimbang nasi. 

khasiat dari sagu pun jauh lebih baik dari pada nasi dan membuat kita yang mengkonsumsi menjadi bisa lebih tahan lapar ketimbang saat makan nasi. biasanyapapeda disediakan dengan ikan kuah kuning khas ambon sebagai pelengkap rasa yang unik. masyarakat setempat biasanya menggunakan hasil tangkapan ikan laut yang masih segar dan jenis ikan kakap merah yang sedap luarbiasa.

 karena teksturnya yang berbea darimakanan lain maka cara memakannya pun unik. memisahkan papeda untuk tiap porsinya menggunakansumpit kayu besar yangsebagai alat pemisah papeda dan memakannya pun langsung menggunakanpiring sebagai wadahnya. khasiat dan manfaat dari makanan ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

2. manisan pala

faktanya maluku merupakan pulau yang terkenal memiliki keunggulan jenis pala terbaik di dunia dari sejak penjajahan belanda, yang membuat banyak penjajah dari dunia ingin menguasai pulau maluku ini. manisan pala merupakan makanan khas maluku terbuat dari Myristica fragrans, tumbuhan khas Kepulauan Banda yang kaya akan nutrisi. 

Manisan ini dibuat dari campuran buah pala yang segar, air, gula pasir, dan garam. dalam waktu pengolahannya akan memakan lebih dari 1 hari. dalam pengolahan yang termaksud cukup lama ini membuat tekstur pada pala ini menjadi empuk dan menghilangkan rasa sepat dari pala tersebut. Beberapa produk lain sudah banyak dihasilkan seperti sirup Pala, kripik Pala, bahkan minyak gosok yang berbahan dasar Pala. Tidak hanya populer secara historis, Pala ternyata memiliki kandungan kimia yang luar biasa berguna bagi manusia.

3. kopi sibu - sibu

Siapa sih yang sekarang ga suka kopi? sudah banyak pencinta kopi didunia yang bahkan kopi dijadikan suatu bisni baik bisnis kecil maupun bisnis besar pada zaman ini. nah selain rempah - rempah, maluku juga unggul dengan kopi yang dihasilkan ditanah timur ini.  salah satunya  kopi sibu-sibu, namanya diambil dari bahasa Maluku yang artinya angin sepoi-sepoi. Kopi sibu-sibu ini merupakan minuman khas Ambon.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan