Mohon tunggu...
Ali Shodikin
Ali Shodikin Mohon Tunggu... Belajar

Grinting ngangeni

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan Pilihan

Tak Ada Mudik, Tak Ada Kartika

23 Mei 2020   18:20 Diperbarui: 23 Mei 2020   18:20 11 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tak Ada Mudik, Tak Ada Kartika
Di depan Gerbang ini, Pengurus Gudep Teritorial Grinting biasa melaksanakan Kartika Lebaran | Dokpri

Menjelang lebaran pengurus Gugus Depan (Gudep) Teritorial 14.177-14.178 yang Berpangkalan di Desa Grinting Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes biasanya sibuk dengan kegiatan yang namanya Karya Bakti Pramuka atau yang akrab disingkat Kartika Lebaran.

Mereka biasanya mulai tugas pada H-3 sampai dengan H-1 lebaran. Tempat yang dijadikan pelaksanaan kegiatan adalah di gerbang masuk Desa Grinting.

Selain bertugas membantu melancarkan jalannya arus lalu lintas, mereka juga membantu menyeberangkan para warga yang hendak masuk atau keluar desa, baik yang menggunakan kendaraan maupun jalan kaki.

Pelaksanaan tugas dibagi dalam dua shift, yaitu pagi mulai jam 07.00-11.00 WIB, dan sore mulai pukul 15.30-17.30 WIB. Bertugas dengan menahan lapar dan dahaga, mereka juga harus rela berpanas-panasan.

Namun tahun ini mereka tidak bertugas, karena tak ada Mudik, kegiatan Kartika Lebaran pun tidak dilaksanakan. Hal ini tentu membuat mereka rindu akan nikmatnya bertugas jalanan. Ya, Kartika Lebaran selalu memberikan kesan tersendiri dalam sebuah kegiatan yang bisa dilaksanakan menjelang lebaran datang.

"Kangen panas-panasan, biasanya kalau panas ijin dulu sebentar masuk ke Indomaret nanti hilang sendiri panasnya, ceeeesss," kata Nurfaozi Tsamani atau akrab disapa Kak Amao, salah satu Pengurus Gudep Teritorial Grinting.

Salah satu kenikmatan yang didapatkan boleh petugas Kartika di Desa Grinting yaitu rutin tiap tahun diundang untuk buka puasa bersama di rumah Kepala Desa Grinting, Bapak Suhartono, S.H.,M.H, ada juga beberapa senior lain yang sering mengundang mereka untuk berbuka puasa bersama.

Semoga tahun depan bisa kembali Berkartika lebaran. Aamiin,,,

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x