Pertemuanku dengan Pak Hendra, owner HDR Mobilindo bukanlah kebetulan. Ini bermula ketika aku hendak berniat menjual kendaraanku sebelumnya, yakni Honda BRV Prestige 2023. Penawaran demi penawaran pun akkhirnya mempertemukanku dengan Pak Hendra, langsung di showroom yang dirintisnya di Bursa Mobil Summarecon, Blok D No 6&8, Curug Sangereng, Kelapa Dua, Tangerang Regency, Banten. Tidak jauh dari ikon Gading Serpong selama beberapa tahun terakhir, Summarecon Mall Serpong.
Pertama kali mengunjungi showroomnya, berjejer puluhan mobil yang sudah siap untuk dijual. Setiap mobil diparkir bahkan dalam jarak bukan lagi meter tetapi sentimeter, bahkan milisentimeter. Tanpa menyentuh bodi kendaraan lainnya. Ini menandakan para driver HDR Mobilindo terlatih dan profesional.Dan yang membuat saya terkesima, hampir semua mobil yang dipajang dan saya lihat langsung beberapa unitnya saat itu, dalam kondisi superbersih, benar-benar nyaris seperti unit kendaraan baru.Â
Awalnya saya berasumsi, bahwa saya pun sebenarnya juga bisa menemukan hal yang sama di tempat lain; puluhan kendaraan yang dijual dan masih dalam kondisi seperti baru. Meski begitu, saya meyakini, meski hasilnya sama, motifnya bisa saja berbeda. Dan ternyata benar adanya, motivasi Pak Hendra untuk memajang puluhan kendaraan dalam kondisi bersih ternyata tidak semata disebabkan agar mobilnya terjual, tetapi karena hasrat atau niat Pak Hendra untuk tidak mengecewakan orang lain. Pak Hendra pun kemudian berkisah bagaimana dulu beliau berjuang keras menjadi sales mobil di daerah-daerah dan sempat sukses menjadi seorang kepala cabang dealer di salah satu kota di Jawa Tengah.
Saat awal merintis showroom, Pak Hendra memiliki pengalaman pahit saat berhasil menjual mobil pertamanya. Sang pembeli berulang kali komplain tentang kondisi mobilnya yang memiliki banyak kekurangan. Pak Hendra pun mencoba mengambil pelajaran penyebab keadaan tersebut dan bertekad untuk tidak akan pernah lagi hal tersebut terulang. Rasa pahit ini menjadi cambuk yang menghadirkan kekecewaan bagi pembeli tetapi juga menyisakan rasa sakit untuk Pak Hendra.
Pak Hendra pun terus berbenah. Menyusun ulang strategi supply chain management. Salah satunya di faktor hulu. Sebagai contoh asal pembelian kendaraaan kemudian memengaruhi cara Pak Hendra dalam merespons atau menangani. Calon penjual atas nama individu dan calon penjual atas nama perusahaan sudah pasti akan direspons dengan cara yang berbeda namun untuk meraih tujuan yang sama, loyalitas pembeli dan pelanggan.
Real Customer Satisfaction Â
Uniknya, hasrat untuk memberikan yang terbaik ini menurun pada para staf atau asisten yang ada di dealernya. Sederhananya, bertegur sapa dengan mereka seolah sedang bercengkerama dengan sosok Pak Hendra; sederhana, humble, dan open minded. Kita bisa bayangkan tragedi yang akan menimpa jika hasrat seorang pendiri tidak dipahami dan dipraktikkan dengan baik oleh para staf atau karyawan yang bekerja. Begitu ada lubang kekurangan kecil yang ada di mobil, seorang karyawan bisa saja mengelabui konsumen dan mengatakan hal yang tidak sebenarnya. Dan dampaknya, peristiwa lama akan kembali terulang.
Konon, yang saya dengar dari salah seorang staf, Pak Hendra bahkan memiliki 3 lapis garda dalam proses quality control. Jika ketiganya menyatakan lulus uji, bisa dipastikan kondisi mobil dalam keadaan layak untuk dipasarkan.
Selang tiga bulan saya menukar tambah kendaraan yang saya jual di HDR Mobilindo, ketika hendak beraktivitas, tiba-tiba lampu di dashboard berwarna merah yang menandakan waktu pergantian oli. Saat saya kemudian mengganti oli ke bengkel, rupanya ada kendala teknis yang perlu ditangani. Saya pun segera menelfon Pak Hendra. Dan apa respons Pak Hendra, "Pak Agus, saya ambil mobilnya biar saya periksa sekalian saya antarkan mobil pengganti sementara untuk Pak Agus gunakan bekerja!"Â
Maka hanya dalam hitungan menit, saya sudah bertukar kendaraan, bahkan tidak perlu harus mengantarkan. Dan hanya dalam hitungan jam, mobil saya yang sebelumnya sudah selesai diperiksa, kembali normal seperti semula.
Teman-teman. Anda bisa menjual atau membeli mobil di mana saja. Namun, di HDR Mobilindo, Anda tidak sekadar mendapatkan mobilnya, tetapi juga layanannya yang sekelas dewa.
Terima kasih HDR Mobilindo. Terima kasih Pak Hendra.
Â
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI