Aliva Gabrielle
Aliva Gabrielle

Seorang gadis bermata sipit yang sejak kecil terbiasa hidup berdampingan dengan kaum Tiongkok di Solo, dan sedang berkuliah di Satya Wacana.

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

Kamu Kekorea-koreaan, Kenapa Tidak?

14 April 2018   19:42 Diperbarui: 14 April 2018   20:05 419 0 0
Kamu Kekorea-koreaan, Kenapa Tidak?
bts-bighitofficial-byvnq7pfymp-5ad1fc7cbde575209c2a15c2.jpg

Kamu adalah penyuka boyband, girlband, ataupun drama korea? Menurut saya hal itu bukan hal yang memalukan. Menyukai hal-hal yang berbau Korea, kenapa tidak? Kali ini saya akan membahas tentang budaya populer K-POP setelah sekian lama tidak menulis. 

Saya akan bercerita sedikit tentang alasan saya mengapa ingin menulis hal ini. Awalnya saya sama sekali tidak tertarik dengan hal-hal berbau Korea sama sekali. Melihat teman-teman saya yang 'agak alay' ketika membicarakan idol group di kelas SMP. Hal itu membuat saya berpikir "Alay banget nih anak-anak pecinta K-POP, berasa punya dunia sendiri kalo lagi ngomongin boyband...". 

Saya yang anti Korea lama-kelamaan tertular juga oleh teman-teman saya sewaktu saya sudah kelas 3 SMA. Gatau kenapa, gaada angin gaada ujan tiba-tiba jatuh cinta ama drama Korea yang berlanjut pada salah satu boyband, Bigbang

Dari yang awalnya meremehkan tentang kekuatan K_POP semakin kesini saya malah semakin memuji betapa kuatnya 'mereka' menarik massa untuk masuk ke dalam dunia yang mereka ciptakan, baik dari idol group maupun dramanya.

Saya akan bahas dari drama Korea terlebih dahulu. Drama yang pertama kali saya tonton adalah Heartstring, yang tidak ada niatan untuk menonton sama sekali malah jadi ketagihan menonton drama ini. 

Berawal dari kesalahan mas-mas persewaan film bikin saya jadi suka sama drama korea. ternyata cerita yang diberikan tidak monoton dan tidak tertebak, ditambah dalam dramanya ada sentuhan musik tradisional Korea menjadi daya tarik tersendiri bagi saya. soundtrack dramanya juga bagus, dan semenjak mendengar lagu-lagu dari drama tersebut saya menyukai CNBLUE. 

Dan benar saja, saya seperti berada di dunia sendiri saat menikmati dramanya.Ketika mendengar suara live dari penyanyi dan drummernya, saya yang awalnya meremehkan K-POP menganggap modal tampang doang jadi ngerti ternyata tidak semua modal tampang doang hehehe.

Setelah drama tersebut selesai saya tonton, teman-teman di kelas sering menonton boyband Korea, seperti BIGBANG; EXO; 2PM dll saya kebetulan sempat menengok sedikit dan akhirnya saya jatuh cinta dengan Bigbang. 

Lagu pertama yang saya tahu adalah Bang Bang Bang, saya suka dengan lagu tersebut karena ada banyak sentuhan musik EDM dalam lagu tersebut. Saya kembali berpikir "kirain lagu korea isinya lembek-lembek doang, keren juga nih lagu bisa begini...". Konsep music videonya juga berbeda dari lagu-lagu Amerika. Jadi banyak point plus dari Bigbang ini, menurut saya. 

Dan setelah tahu asal-usul serta berbagai macam cerita tentang Bigbang saya makin suka, benar-benar tidak kebayang! Dan lagi-lagi saya tidak bisa meremehkan suara yang dimiliki anggota-anggotanya. Menyanyi sambil nge-dance bukan hal yang gampang, namun mereka setidaknya masih stabil suaranya. Itu yang membuat saya tertarik dengan Bigbang. Dan ternyata lagi, mereka mulai terkenal di Canada dan wilayah-wilayah lain diluar Asia.

Saya langsung merasa ketinggalan jaman hahaha! Btw, saya sangat terpesona oleh ketampanan dari rapper Bigbang, TOP. Yaaa.. walaupun kemaren tersandung masalah narkoba saat sedang wamil tapi tetap saja luar biasa tampan HAHAHA.

Yang baru-baru ini mulai menular pada saya adalah virus boyband BTS, yah.. saya sebenarnya membatasi diri saya terhadap Korea-Koreaan tapi apa boleh buat bila ternyata memang kualitas mereka membuat saya tertarik untuk mengikuti lagu-lagu mereka. Lagi-lagi saya dibuat tidak percaya oleh boyband BTS, bagaimana bisa boyband Korea ini diundang dalam acaranya James Corden, Ellen Show, Jimmy Kimmel yang mempunyai talkshow keren dimana bintang tamunya juga keren-keren. Tapi ini BTS, boyband dari Korea kenapa bisa nongol disini? 

Dan bukan main, salah satu DJ favorit saya, Steve Aoki mau me-remix lagunya? Sejak saat itu saya mulai penasaran siapa sih BTS ini, dan ya saya berlanjut jatuh cinta dengan lagu yang berjudul MIC DROP feat Steve Aoki. Satu lagi yang menjadi point plus untuk BTS koreografi dancenya jangan diragukan.. Juga cinematography di setiap music videonya tidak kalah keren. 

Berhubung kuliah saya ada yang menyangkut tentang editing video, patut diacungi jempol konsep dan music video milik BTS. Pokoknya jangan meremehkan kekuatan budaya populer K-POP deh! Mereka tak seburuk yang ada dipikiran kita apabila kita dapat melihat K-POP dari sisi yang berbeda.

Beberapa orang yang dekat dengan saya lama-kelamaan juga mengikuti drama ataupun idol groupnya. Bahkan mama dan tante saya mulai mengikuti dramanya. Mereka bilang cerita yang diberikan drama Korea selalu tidak tertebak dan episodenya tidak sebanyak di Indonesia. Cerita yang diberikan juga tidak rumit dan tidak banyak orang baru yang datang. 

Beberapa hari kemarin saya melihat 'hate-speech' di Instagram tentang laki-laki Korea yang dibilang 'Gay'. Saya tidak mengelak ketika awal-awal saya melihat Boyband maupun aktor Korea yang lembut mengira mereka sedikit kecewek-cewekan karena gayanya. 

Tetapi, ketika saya bertemu orang Korea asli yang sekarang tinggal di Solo dan menjadi sahabat dari teman laki-laki saya ternyata memang orang Korea seperti itu, bahkan mereka tak malu-malu berpelukan dengan teman laki-lakinya dimuka umum. 

Bagi mereka itu bukan hal yang aneh. Tetapi satu yang perlu kita ingat, semua laki-laki di Korea melakukan wajib militer. Jadi sudah tidak perlu ditanyakan lagi kejantanan mereka, karena saya sudah pernah mendengar cerita tentang pengalaman wajib militer yang dilakukan mas Shin Hyeon Soo yang saya ceritakan sedikit tadi. Bahkan sempat saya meremehkan para artis yang ikut wajib militer, apakah mereka mampu melewati wajib militer yang ada. 

Tapi ingat, jangan meremehkan mereka karena hasil yang saya dapatkan dari media massa ternyata mereka mampu melewati dengan baik bahkan ada yang kerjanya bagus hingga menjadi pemimpin dalam pasukannya. Tante saya pun pernah mengatakan, "besok kalau cari suami orang Korea saja.." saya menjawab "memangnya kenapa?" 

Tante saya menjawab "walaupun mereka tampaknya di televisi lembut seperti itu, tapi masalah lakik dan mentalnya mereka sudah teruji saat wajib militer." Seketika saya berhenti, dan menyadari sesuatu bahwa ada betulnya apa yang diucapkan tante saya hehehe.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2