Mohon tunggu...
Alip Yog Kunandar
Alip Yog Kunandar Mohon Tunggu... Bukan Pemikir, Meski Banyak yang Dipikirin

Dosen Ilmu Komunikasi UIN Jogja, yang lebih senang diskusi di warung kopi. Menulis karena hobi, syukur-syukur jadi profesi buat nambah-nambah gizi. Buku: Memahami Propaganda; Metode, Praktik, dan Analisis (Kanisius, 2017) Soon: Hoax dan Dimensi-Dimensi Kebohongan dalam Komunikasi.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Youssef El-Arabi, Harapan Olympiacos Meraih Treble

12 Maret 2021   23:49 Diperbarui: 13 Maret 2021   00:04 173 28 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Youssef El-Arabi, Harapan Olympiacos Meraih Treble
Ilustrasi: Alip Yog Kunandar

Pertandingan babak 16 besar leg pertama antara tuan rumah Olympiacos melawan Arsenal yang berakhir dengan skor 1-3 untuk kemenangan The Gunners, menyisakan harap bagi klub London itu untuk meraih trofi. Sebaliknya, menyisakan pekerjaan besar bagi The Thrylos, karena harus menang setidaknya 3-0 di kandang Arsenal.

Meski begitu, klub asal kota Piraeus Yunani itu juga bukan tanpa harapan. Posisi mereka di Super League Greece --kasta tertinggi liga sepakbola Yunani---bisa dibilang sangat aman. Mereka bertengger di puncak dengan perolehan 64 poin dari 25 pertandingan. Saingan terdekat mereka Aris Thesaloniki dan AEK Athens, terpaut jauh dengan sama-sama mengemas 48 poin saja.

Sebagai informasi, Super League Greece musim ini diikuti oleh 14 tim, dengan demikian total pertandingan akan berjumlah 26. Hanya saja, ini belum final, karena enam tim teratas akan diadu lagi untuk menentukan juara dan juga jatah masuk Liga Champions dan Europa League.

Bagi Olympicos, putaran pertama ini menyisakan satu pertandingan melawan AE Larissa tanggal 14 Maret. Apapun hasilnya, mereka pasti akan masuk kelompok atas, sehingga akan melakoni tambahan 10 pertandingan lagi. 

Dengan menyisakan 11 pertandingan, mereka hanya perlu mencapai poin 82 untuk menjadi juara Yunani yang ke-45. Atau hanya butuh 14 poin saja. 

Itupun bisa lebih cepat jika antara Aris atau AEK Athens lebih sering kehilangan poin. Kans mempertahankan juara musim lalu sangat terbuka bagi tim asuhan Pedro Martins ini.

Selain itu, mereka juga harapan trofi lain di ajang Greek Football Cup. Mereka sudah melaju ke babak semifinal dengan menyingkirkan salah satu saingan berat mereka, Aris Thesaloniki dengan agregat 3-1. Di semifinal nanti, mereka akan berhadapan dengan calon lawan antara lain PAOK, PAS Giannina dan yang terberat adalah AEK Athens.

Siapa bertemu siapa belum diputuskan. Undiannya belum dilakukan, menyusul kisruh saat undian babak 16 besar sebelumnya. Undian itu tidak dihadiri oleh perwakilan tim manapun, dan dilakukan secara live streaming

Ketika dua tim kuat saat ini, Olympiacos dan Aris diputuskan saling bertemu, sementara satu tim kuat lagi, AEK Athens menghadapi Volos NFC yang dianggap lebih enteng, pihak Olympiacos dan Aris menuduh undian itu telah direkayasa dengan memanaskan bola Olympiacos dan Aris agar mereka bertemu lebih awal.

Siapapun lawannya nanti, satu-satunya yang kemungkinan bisa menjegal harapan Olympiacos meraih trofi mereka yang ke-29 hanyalah AEK Athens, tim yang sedang limbung dan nyaris nirgelar lagi seperti musim lalu.

Trofi ketiga yang menjadi incaran Olympiacos adalah Europa League. Ini sebetulnya bukan incaran utama, karena sebelumnya mereka berlaga di Liga Champions. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN