Mohon tunggu...
Ali Harsojo
Ali Harsojo Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya adalah guru biasa yang suka belajar, menulis dan berbagi. Terutama tentang pendidikan, budaya, dan literasi.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pendampingan Individu 1 CGP

21 November 2022   21:00 Diperbarui: 21 November 2022   21:06 2303
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Program Guru Penggerak (PGP) sudah dan sedang dilaksanakan angkatan 7. Tentu saja, banyak hal yang perlu disiapkan. Baik oleh CGP, PP, Fasilitator dan Instruktur. Sesuai dengan peran masingmasing. Namun demikian, setiap pemeran diminta menilai pemeran lainnya. Dengan kata lain, beberapa orang yang berperan di PGP ini saling memberikan penilaian dan bersinergi.

Misalnya, bagi PP harus memantau CGP pada pembelajaran daring, PI, Lokakarya, dan melayani diskusi dengan CGP. Pembelajaran daring yang dilaksanakan CGP, menggunakan alur MERDEKA, yakni Mulai Diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, Koneksi Antarmateri dan Aksi Nyata.

Nah, tugas daring yang dilakukan oleh CGP, dapat dilihat oleh PP, Fasil dan Instruktur. Sehingga, CGP yang aktif mengerjakan tugas dan seberapa luas penjabarannya, akan terlihat dan mudah dibaca. Tugas pada LMS, dapat berupa ketikan langsung, file Word, PDF, PPT, Video, Link Drive, Link Yotube dan sebagainya.

Tugas luring yang dikerjakan bersama Pengajar Praktik (PP) adalah Pendampingan Individu dan Lokakarya. Oleh karena itu, PP harus mempersiapkan segala sesuatunya. Tujuannya, agar aktivitas luring yang dilakukan dapat berjalan lancar. Apa yang perlu disiapkan PP? Terutaman adalah skenario kegiatan, dokumen catatan, buku sumber, daftar hadir saat PI dan sebagainya.

Ketika PP melakukan Pendampingan Individu 1, apa yang dilakukan?

Jadi, prosedur atau skenario melakukan PI 1, antara lain: awalnya PP berkomunikasi kepada CGP tentang jadwal PI 1. Bisa melalu WA. Kemudian, sesuai jadwal, PP berangkat ke sekolah CGP. Ketika sudah bertemu, maka CGP akan mengantar PP bertemu Kepala Sekolah CGP untuk mohon izin dan menyampaikan maksud dan tujuannya. Barulah melakukan PI di tempat yang ditentukan.

Pada saat pendampingan, PP menyapa dan bertanya kabar kepada CGP, pengalaman belajar 1 bulan, dan dukungan dari ekosistem sekolah. Barulah masuk pada substansi pendampingan, yaitu: menanyakan tentang hasil tindak lanjut lokakarya orientasi, hasil tindak lanjut pembelajaran daring, pembuatan kerangka portofolio digital serta posisi diri dan rencana pengembangan kompetensi diri. 

Barulah di bagian akhir, PP meminta masukan dan saran kepada CGP atas kekurangan yang dialami saat PI 1. Ini adalah refleksi di akhir PI. Selanjutnya, kembali menemui KS untuk meminta izin kembali atau pulang. Semoga sukses selalu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun