Mohon tunggu...
Alif Fatchur
Alif Fatchur Mohon Tunggu... Panupo Jiwo

Mencari jalan ketenangan dalam perjalanan kehidupan.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tujuan, Fungsi, dan Prinsip Bimbingan Konseling

16 September 2019   07:30 Diperbarui: 16 September 2019   07:33 0 1 0 Mohon Tunggu...

Tahukah anda, mengapa bimbingan konseling selalu ada di sekolah? mulai dari Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah hingga Perguruan Tinggi. Mengapa bimbingan konseling memiliki ruang khusus?. mengapa bimbingan konseling selalu dikenal sebagai sebutan hakim bagi anak-anak nakal?. Pada materi kali ini saya akan membahas masalah demikian. 

Bimbingan konseling sangat diperuntukkan bagi siswa siswi sekolah atau pelajar yang masih dalam kondisi belajar. Bimbingan bersifat umum, siapapun orang bisa memberi bimbingan dengan catatan ahli dalam bidangnya. Sedangkan konseling bersifat profesional dan setara, yakni antara konselor dan konseli saling betukar pikiran untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi konseli. Namun, bimbingan konseling bersifat sangat fleksibel dan khusus bagi pelajar. Yakni mengarahkan anak didik agar tidak menyesal atas pengambilan keputusan yang telah diambil. Oleh karena itu bimbingan konseling memiliki tujuan, fungsi, dan prinsip. Sebagaimana yang akan dijelaskan berikut ini.

Tujuan Bimbingan Konseling

Sebagaimana dengan berkembang pesatnya pendidikan, maka banyak sekali pembaharuan-pembaharuan sistem di sekolah. Maka dari itu berikut adalah beberapa tujuan bimbingan konseling:

1. Untuk membantu individu dalam menentukan pilihan, penyesuaian, dan interpretasi dalam hubungannya dalam situasi-situasi tertentu (menurut Hamrin dan Chifford).

2. Untuk mempekuat fungsi-fungsi pendidikan yang ada di sekolah (menurut Bradshow).

3. Untuk membantu orang-orang menjadi manusia yang bermanfaat (menurut Tiedemen).

4. Harmoni antara cita-cita mereka dengan kemampuan yang dimilikinya.

Fungsi Bimbingan Konseling

 Adanya tujuan dalam bimbingan konseling, sudah pasti memiliki fungsi agar tujuannya tercapai. Fungsi dapat berupa seperti kewajiban atau tugas yang harus dilaksanakan, serta dilaksanakan oleh semua guru. Tapi, Khusus bagi guru bimbingan konseling dapat memberi wewenang lebih terhadap apa yang telah terjadi. berikut fungsi bimbingan konseling:

1. Fungsi Pemahaman, yakni pemahaman tentang situasi dan kondisi klien yang sangat diperlukan dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2