Mohon tunggu...
Alif Izzulhaq
Alif Izzulhaq Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa dan content writer

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

5 Tips untuk Menumbuhkan Minat Baca, Sudah Tahu?

26 Oktober 2022   16:33 Diperbarui: 26 Oktober 2022   16:37 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi membaca (pixabay/Pexels)

Membaca merupakan salah satu hobi yang dapat memberikan banyak manfaat dalam hidup kita. Terdapat satu pepatah yang mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia. Pepatah tersebut berarti jika kita banyak membaca maka kita akan mengetahui banyak wawasan tentang dunia ini. Selain itu kegiatan membaca juga bermanfaat untuk melatih daya pikir yang dimiliki oleh otak kita.

Namun sayangnya hobi membaca buku di Indonesia sendiri masih kurang diminati, terutama oleh para generasi muda. Banyak generasi muda yang beralasan bahwa mereka tidak memiliki banyak waktu untuk dapat membaca buku. Banyak anak muda juga yang ketika memiliki waktu luang mereka justru lebih memilih untuk menonton video daripada membaca buku. Berikut ini adalah lima tips untuk dapat menumbuhkan minat baca pada generasi muda.

1. Mencari waktu yang nyaman

Tentu saja kamu dapat membaca buku dengan fokus dalam waktu yang lama jika kamu membca dalam waktu ternyamanmu. Jika kamu membaca dalam waktu yang tidak nyaman maka kamu tidak akan fokus dan bertahan lama dalam membaca buku. Setiap orang memiliki waktu nyamannya masing-masing, ada yang nyaman membaca buku di pagi hari, siang hari, atau bahkan malam hari sebelum tidur. Kamu hanya perlu mencari waktu nyaman yang sesuai dengan dirimu.

2. Minimal membaca selama 30 menit

Jika kamu mau membandingkan waktu 30 menit dengan keseluruhan waktu yang kamu miliki, tentunya jumlah tersebut adalahwaktu yang singkat. Jadi tidak ada salahnya kamu meluangkan waktu minimal 30 menit dalam sehari untuk membaca buku. Kamu dapat menggunakan 10 menit awal untuk memhami bacaan yang akan kamu baca. Kemudian kamu dapat menggunakan 20 menit selanjutnya untuk membaca lebih dalam dari bacaan yang kamu baca.

3. Membaca sesuai genre yang kamu suka

Tentu saja saat ini terdapat berbagai macam genre pada buku yang dapat kita temukan. Ada genre sci-fi, adventure, education, self devlopment, dan masih banyak lagi. Kamu hanya perlu membaca buku yang sesuai dengan genre yang kamu sukai. Tentunya dengan membaca buku sesuai dengan genre yang kamu sukai akan menambah semangat dalam membaca buku.

4. Membuat perpustakaan mini di rumah

Untuk kamu yang tidak begitu suka untuk keluar rumah maka hal ini akan sangat membantu dirimu. Dengan membuat perpustakaan mini di rumah kamu tidak perlu pergi ke tempat lain hanya untuk membaca buku. Kamu dapatlebih fleksibel dalam mengatur waktumu untuk membaca buku. Namun jika kamu ingin membuat perpustakaan mini maka kamu harus mengeluarkan sedikit biaya untuk membuatnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun