Mohon tunggu...
Alif Izzulhaq
Alif Izzulhaq Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa dan content writer

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Anak Muda Usia 20-an

25 Oktober 2022   13:09 Diperbarui: 25 Oktober 2022   13:12 153
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi anak muda (pixabay/Pexels)

Anak muda yang telah menginjak usia muda berarti mereka telah menginjak masa-masa emasnya. Usia 20-an merupakan masa-masa transisi dari masa remaja menuju masa dewasa. Pada masa itu anak muda harus bisa menentukan pilihan hidupnya dengan serius karena jika mereka belum bisa menentukan pilihan hidupnya maka kesempatan yang bisa mereka miliki di masa-masa emas akan semaik berkurang.

Namun sayangnya banyak anak muda yang justru tidak bisa memanfaatkan masa emas di usia 20-an. Mereka justru membuat banyak kesalahan yang berakibat fatal pada masa depan mereka. Untuk kamu yang saat ini masih berada di masa emas usia 20-an jangan sampai kamu melakukan beberapa kesalahan ini. Berikut adalah lima kesalahan yang sering terjadi di usia 20-an.

1. Menyerah di tengah jalan

Saat kamu menginjak usia 20-an maka kamu harus mau mencoba banyak hal. Tujuan dari mencoba banyak hal adalah untuk menemukan passion dalam hidupmu. Namun sayangnya banyak anak muda yang hanya sekedar mencoba suatu hal namun mereka tidak mau mempelajarinya lagi. Mereka berhenti di tengah jalan dan tidak mau mendalami hal itu sampai menjadi ahli. Hal ini yang menjadi salah satu penyebab kenapa anak muda zaman sekarang tidak terlalu memiliki skill yang menonjol.

2. Bekerja hanya untuk uang

Uang merupakan hal yang sangat penting dalam hidup kita, karena dengan uang kita dapat memenuhi kebutuhan hidup kita. Namun jika kamu memiliki mindset bahwa kamu hanya bekerja untuk uang, maka kamu telah memilih mindset yang salah. Sejatinya ada satu hal yang lebih penting daripada uang, yaitu kebahagiaan. Percuma rasanya jika kamu memiliki banyak uang namun kamu tidak bisa merasakan kebahagiaan. Oleh karena itu mulai saat ini kamu harus bekerja dengan tujuan utama untuk mencapai kebahagiaan.

3. Menggunakan cara yang instan

Saat ini banyak aank muda yang lebih memilih menggunakan cara yang instan daripada harus bekerja keras untuk mencapai sebuah tujuan. Kamu harus sadar bahwa sejatinya tidak ada kesuksesan di dunia ini yang dapat dicapai dengan cara yang instan. Setiap kesuksesan pasti membutuhkan yang namanya sebuah proses. Justru dari proses yang kamu jalani kamu akan mendapatkan berbagai pelajaran yang berharga.

4. Tidak menabung

Saat ini banyak anak muda yang masih belum bisa mengatur keuangannya dengan baik. Ketika mereka memiliki banyak uang mereka akan tergiur untuk menghambur-hamburkan uangnya. Kamu harus sadar bahwa kamu juga perlu menabung sebagian uang tersebut. Sebagian uang yang kamu tabung tersebut dapat berguna untuk masa depanmu atau saat kam mengalami situasi yang darurat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun