Mohon tunggu...
Alifia Aqida
Alifia Aqida Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

Hobi makeup

Selanjutnya

Tutup

Parenting

Peran Orangtua dalam Mendidik Sang Buah Hati Agar Lebih Cermat Menggunakan Media Sosial

9 Desember 2022   19:48 Diperbarui: 9 Desember 2022   19:53 78
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Orang tua adalah guru pertama yang memberikan ilmu pengetahuan berupa pendidikan dan pembelajaran kepada anak. Orang tua juga adalah orang yang paling dekat dengan sang anak, dan merawatnya untuk tumbuh menjadi orang yang sukses. Seiring dengan berkembangnya zaman peran orang tua di sini sangat dibutuhkan untuk menopang tumbuh kembang sang anak.  Apalagi di era milenial seperti saat ini di mana semuanya tidak jauh dari yang namanya teknologi digital. Di zaman sekarang ini hampir rata-rata semuanya berkomunikasi melalui media sosial seperti handphone, laptop, computer dan sebagainya. Bukan hanya di kalangan remaja dan orang tua bahkan anak-anak yang menginjak SD sekalipun sudah diberikan handphone oleh orang tuanya.

Namun, apa yang akan terjadi jika peran orang tua yang mengabaikan perkembangan anak dalam melakukan aktivitas di media sosial? Walaupun demikian tidak selamanya media sosial itu negatif. Namun peran orang tua dalam mengawasi anak ketika melakukan aktivitas di media sosial harus tetap terpantau, oleh karena itu jika peran orang tua di sini hilang bagaimana dengan nasib anak di masa depan.

Masalah yang selalu dihadapi orang tua pada zaman sekarang ini yaitu kurangnya pengawasan orang tua saat anak sedang melakukan aktivitasnya di media sosial, terlebih anak-anak yang masih di bawah umur dan belum seharusnya dibebasi dalam melakukan aktivitas di media sosial. Terkadang kebanyakan orang tua hanya memberikan handphone kepada anaknya agar sang anak tidak rewel atau menangis tanpa memperhatikan apa yang akan dibuka dalam situs internetnya. Orang tua yang sibuk juga menjadi faktor kurangnya pengawasan pada anak.

Oleh karena itu dalam hal ini peran orang tua sangatlah dibutuhkan,karena  melihat perkembangan anak-anak pada zaman sekarang yang makin bersifat konsumtif dalam menggunakan media sosial. Orang tua harus lebih tegas dalam mendidik sang buah hati, agar tumbuh menjadi generasi bangsa yang unggul dalam akademik maupun non akademik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun