Mohon tunggu...
Alifatun Nahdliyah
Alifatun Nahdliyah Mohon Tunggu... Lainnya - Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Saya masih belajar menulis, semua berawal dari tugas kuliah.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Eksistensi Pendidik PAUD yang Sering Dianggap Remeh!

21 April 2022   23:39 Diperbarui: 23 April 2022   12:58 265 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
sumber: gambar pribadi

Guru merupakan suatu pekerjaan yang mulia. Kehadirannya dianggap sebagai lilin ditengah kegelapan. Seperti sepenggal lirik di hymne guru "Engkau sebagai pelita dalam kegelapan, Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan, Engkau patriot pahlawan bangsa, Pembangun insan cendekia". 

Guru merupakan Sosok yg mempunyai ilmu pengetahuan & wawasan, sosok yg bisa memberi model teladan & sosok yg selalu berusaha buat maju, terdepan & berbagi diri buat menerima inovasi yang berguna menjadi bahan pengajaran pada anak didik.

Menjadi seorang guru seringkali masih dianggap remeh oleh masyarakat. Entah dilihat dari gaji, ataupun gengsi tetapi dilapangan masih banyak sekali yang meremehkan profesi guru.  Di lihat dari berbagai tingkatan profesi guru PAUD lah yang paling sering diremehkan. 

Beberapa orang masih beranggapan bahwa pendidik PAUD merupakan profesi yang tidak terlalu penting dan mudah. Mereka menganggap bahwa menjadi seorang pendidik PAUD mudah karena yang dihadapi hanyalah anak-anak. 

Beberapa tahun silam ada seorang guru TK yang dibuat meradang oleh temannya karena diremehkan, hal ini diunggah lewat akun twitternya. Dia mengunggah screenshot chat dengan temannya yang meremehkan profesi PAUD Temannya bilang bahwa guru PAUD hanya menyanyi menyanyi saja dan gaji yang didapatkan kecil. 

Tentu hal ini membuat geram, lalu sang pemilik akun menjelaskan bahwa menjadi guru PAUD tidak semudah itu, dia menyiapkan segalanya mulai dari pagi hingga waktunya pulang.

Perlu diketahui bahwa menjadi pendidik PAUD itu banyak hal yang perlu dipelajari. Mereka harus memperhatikan perkembangan setiap anak. Mereka harus menguasai beberapa aspek perkembangan anak diantaraknya perkembangan nilai agama dan moral, perkembangan bahasa, perkembangan fisik motoric, perkembangan kognitif, perkembangan sosial emosional, dan juga perkembangan seni. 

Menjadi seorang guru PAUD bukan hanya mengajar saja, bukan suatu hal yang mudah, mereka harus memikirkan alat bermain atau kegiatan apa yang cocok dan tepat untuk menstimulus anak-anak. Karena masa kanak-kanak adalah masa golden age.

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan landasan untuk meletakkan landasan karakter anak, dan saat ini merupakan masa keemasan tumbuh kembang anak, sehingga PAUD membutuhkan guru/pendidik  yang dapat mempersiapkan diri menghadapi berbagai tantangan zaman. Menjadi guru PAUD itu harus di iringi dengan niat yang tulus, Niat adalah inti dari segalanya. Niat  baik akan membawa kebaikan. Hal yang sama berlaku untuk mengajar anak-anak. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan