Mohon tunggu...
Yulius Roma Patandean
Yulius Roma Patandean Mohon Tunggu... Guru - English Teacher (I am proud to be an educator)

Seorang Guru dan Penulis Buku dari kampung di perbatasan Kabupaten Tana Toraja-Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Menyukai informasi seputar olahraga, perjalanan, pertanian, kuliner, budaya dan teknologi.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pendidik Sejati Adalah Gembala Yang Baik

21 April 2024   15:58 Diperbarui: 22 April 2024   08:41 65
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kegiatan mengajar di kelas. Sumber: dok. pribadi

Seorang pendidik adalah sosok yang berperan memberikan pengajaran, didikan dan ilmu pengetahuan kepada peserta didik di lingkungan sekolah. Ia tak hanya mengajarkan materi pelajaran. Ia juga membekali anak didiknya dengan didikan bermakna.

Fokus seorang pendidik sejati tak lain adalah membuat anak didiknya berjalan ke arah yang sesuai karakteristiknya untuk kelak bisa menjadi manusia seutuhnya. Menyampaikan materi pelajaran baginya penting, tetapi yang tak kalah penting lagi adalah mengenali setiap anak didiknya. 

Menjadi pendidik atau guru, tak hanya bertugas mengajarkan materi pelajaran. Anak didik butuh tuntunan. Mereka butuh sosok yang patut mereka contoh. 

Mendampingi PDBK saat ujian sekolah. Sumber: dok. pribadi.
Mendampingi PDBK saat ujian sekolah. Sumber: dok. pribadi.

Seorang pendidik sejati tak ubahnya seperti seorang gembala. Ketika seorang gembala kerbau atau gembala sapi tiba di padang penggembalaan, dengan hanya membunyikan lonceng, bersiap atau memukul pentungan, ternak-ternak gembalaannya yang tersebar di padang luas dan semak-semak akan datang berbondong-bondong. Bahkan banyak yang bermanja ria dengan penggembalanya.

Jumlah, ciri-ciri dan sifat setiap ternak sudah diketahui dengan baik oleh sang gembala. Ketika ada ternaknya yang tiba-tiba memiliki penyimpangan  perilaku, ia segera mengidentifikasinya dan mencoba mencari solusinya.

Gembala yang baik tak akan pernah membiarkan ternak gembalaannya hilang. Ia akan mengusahakan untuk mencukupi kebutuhan ternaknya setiap hari.

Tak ubahnya seperti seorang gembala, demikianlah sosok pendidik yang sejati. Ia wajib mengetahui semua peserta didiknya. Paling tidak ia mengetahui nama-nama anak didiknya. 

Lambat laun, ia akan mulai mengidentifikasi karakteristik dari setiap anak didiknya. Dengan sabar ia akan mempelajari setiap keunikan dari mereka. 

Pendidik sejati akan sedih ketika anak didiknya gagal. Ia bergumul ketika ada anak didiknya yang harus dikeluarkan dari sekolah. Ia akan selalu berupaya memberikan yang terbaik untuk membuat anak didiknya berhasil. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun