Mohon tunggu...
Ali Aulia
Ali Aulia Mohon Tunggu... Asisten Pribadi - Asisten Penghulu

Saya hanya orang biasa, yg ingin berbagi ilmu di kompasiana...

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

Pengalaman Sembuh dari Pilek Tanpa Obat

20 September 2023   13:03 Diperbarui: 20 September 2023   19:12 295
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar alodokter.com

Bismillah, saya ingin berbagi pengalaman saya sembuh dari sakit pilek tanpa obat.


Ceritanya begini, pada hari Jumat, 15 September 2023, hidung saya tiba-tiba meler (keluar air). Saya kira hanya keluar sedikit, tidak terus-terusan. Tapi ternyata keluar terus-terusan. Sampai saya harus ambil banyak tisu atau mondar-mandir ke wastafel untuk membersihkan hidung. Ya betul, saya terkena pilek.


Tadinya saya ingin berobat ke klinik, tapi uang saya tidak cukup, alias lagi bokek. Alhasil, saya putuskan untuk browsing di Google. Saya lupa menggunakan kata kunci apa saat browsing di Google. Yang jelas, saya mencari informasi cara menyembuhkan pilek tanpa obat. Dan, saya menemukan artikel yang menuliskan bahwa penyakit pilek bisa sembuh sendiri tanpa diobati. Maksimal waktu yang diperlukan adalah 2 minggu supaya sakit pilek bisa sembuh sendiri. Saya penasaran. Akhirnya, saya coba untuk tidak minum obat.


Hari pertama, saya lebih banyak berbaring. Tidak bekerja. Karena, menyebalkan sekali setiap kali bekerja, hidung ini selalu meler. Akhirnya, saya putuskan untuk berbaring saja, tapi tidak tidur. Saya tiduran sambil main hape atau kadang baca buku. Ada pengalaman berharga saat berbaring, yaitu air tidak meler dari hidung ketika berbaring.


Oh ya, saya juga browsing di Google bahwa untuk menjaga kesehatan, kita harus minum 2 liter air setiap hari, olahraga 30 menit setiap hari, dan tidur lelap minimal 7 jam setiap malam. Itu saya lakukan pada hari pertama saya sakit, kecuali olahraga. Olahraga tidak saya lakukan karena hidung bakal meler melulu kalau beraktivitas.


Hari kedua, saya pikir saya sudah sembuh. Ternyata belum. Hidung masih meler. Bahkan ditambah batuk ringan (keluar riak putih saat berdehem). Saya tidak berani bilang saya kena penyakit batuk. Tapi, batuknya saya sebut batuk ringan karena tidak seperti batuk biasa. Baru batuk saat ada riak di tenggorokan.


Hari ketiga, ada kemajuan. Hidung sudah jarang meler. Dan, saya sudah mulai bekerja lagi. Tapi, saya tetap sedia tisu. Karena, sesuai dugaan saya, kadang-kadang masih ada air keluar dari hidung. Tapi frekuensinya sudah berkurang. Riak masih keluar dari tenggorokan saat berdehem.


Oh ya, mulai dari hari kedua sampai hari ini, hari keenam, saya tetap berolahraga 30 menit setiap hari, minum 2 liter air setiap hari, dan tidur lelap minimal 7 jam setiap malam. Dan pada hari keenam, hidung sudah sangat jarang keluar air (alias sudah sembuh dari penyakit pilek). Dan, batuk ringan juga sudah jarang. Alias saya sudah sembuh total. Terima kasih ya Allah... Dan terima kasih juga buat Google atas informasi berharganya. Semoga info ini bermanfaat ya buat kalian semua.


Tips dari saya untuk menyembuhkan pilek tanpa obat:


1. Hari pertama dan kedua jangan bekerja dulu, tapi berbaring, supaya hidung tidak meler. Kalau Anda sibuk, boleh bekerja, tapi jangan lupa bawa tisu yang banyak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun