1 Dasawarsa merupakan waktu yang cukup untuk meletakan pondasi, arah, tujuan yang ingin dicapai dari pembentukan suatu program studi kekhususan. Tol PNJ (Politeknik Negeri Jakarta) Lahir di tahun 2005, dimana masa itu terjadi revolusi kelembagaan jalan tol yaitu pemisahan antara regulator dan badan usaha itu sendiri. Masa itu pun tonggak percepatan pembangunan jalan tol dimulai, pembenahan semua lini dilakukan secara simultan.
Hari ini, 1 Dasawarsa yang lalu tantangan dan peluang terus berubah, percepatan jalan tol dilakukan kejar-kejaran antara demand pengembangan wilayah, pemerataan, dan pertumbuhan ekonomi.
Tantangan masa kini bukan lagi sekedar pembebasan lahan, teknik konstruksi, namun lebih dari itu jalan tol diminta untuk melakukan ribuan bahkan jutaan value creation Toll yang tinggi.
Bagaimana bisa kita membangun, merawat dan mengoperasikanTrans Tol Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan merampungkan Trans Jawa  serta inner tol kota besar tanpa adanya ribuan inovasi ?
Bagaimana kita bisa membangun dengan menawarkan jalan tol return rendah dengan pengembalian cukup lama? Mengandalkan perbankan yang loan/debt sudah terbatas? santai dengan menunggu giliran APBN/APBD? Atau berdoa semoga kepemilikan kendaraan dapat meningkat pada daerah tersebut?
Belum lagi, biaya pemeliharaan yang cenderung meningkat, tingkat kecelakaan yang tidak terlalu membaik, pelayanan yang bisa dibilang tidak signifikan berubah, inovasi yang berjalan cukup lambat, dan biaya tenaga kerja yang terus naik cukup signifikan 1 dasawarsa ini.
Lalu dimana letak peran Tol PNJ? Â Bisakah menjawab sedikit pertanyaan permasalahan bangsa kita terkait Toll Road? Itu belum ditambah mempersiapkan tantangan masa depan!
Tol PNJ seharusnya menjawab tantangan - tantangan tersebut. Road Mapping lulusannya diarahkan academic terapan menjawab issue terkini, bukan lagi asal lulus atau dipaksakan lulus?
Misal, tahun X Tugas Akhir fokus membahas all maintenance Tol, inovasi maintenance Tol, value added dan reducing cost maintenance namun mempertahankan kinerja.
Selanjutnya? Tahun Y Tugas Akhir membahas habis tentang inovasi kelembagaan Jalan Tol, berikan alternatif inovasi dalam struktur, skema dan model kelembagaan percepatan Jalan Tol.
Sebagai Pendidikan akademik berbasis terapan, end of year mengeluarkan suatu policy brief memberikan alternatif solusi issue terkini dengan fokus Tugas Akhir per tahun tersebut. Aplikatif untuk industri dan pemerintah bukan?