Mohon tunggu...
Nur Alfiyani
Nur Alfiyani Mohon Tunggu... Proses Belajar

DALAM MASA PERTUMBUHAN

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Peran RT dalam Melindungi Warganya dari Covid-19

21 Juni 2021   20:04 Diperbarui: 21 Juni 2021   20:25 10 1 0 Mohon Tunggu...

JAKARTA- Kasus Covid-19 di Jakarta sedang meningkat,pemerintah meningkatkan pembatasan sosial secara lebih ketat. Peran dari tokoh masyarakat pun menjadi hal yang penting dalam mengurangi penyebaran Virus Covid-19,RT dan RW memiliki peran penting bagi masyarakat. Banyak cara mereka lakukan agar warganya tidak terpapar Virus Covid-19,mereka melakukan sosialisasi tentang protokol Covid19. Seperti mengurangi acara-acara yang berpotensi terjadinya kerumuhan hingga menyediakan alat cuci tangan di pos ronda dan didepan jalan agar warganya lebih mudah mencuci tangan.

 "Selalu di sosialisasikan dengan menjaga jarak, mengurangi acara-acara yg mengakibatkan terjadi nya kerumunan. mengedukasi warga agar hidup sehat dan bersih dengan buang sampah pada tempat nya dan sering sering bercuci tangan,saya juga sudah nyediain tempat cuci tanga dipos ronda dan didepan gang ."H ucap ketua RT 03 Syafri Irawan (20/6).

Penyuluhan dilakukan RT melalui grup Whatsapp,untuk menyampaikan bagaimana cara yang benar untuk menajalani protokol kesehatan Covid-19. Dengan adanya grup Whatsapp ini mempermudah dalam memberikan info seputar Covid-19 dan tidak berhadapan langsung dengan para warga. Selain sebagai menyampaian info Covid-19 RT juga selalu memberi info ke warga seputar program bantuan dari kelurahan.

"Saya lewat grup Whatsapp RT neng,soalnya saya selalu buat grup buat kasih info ke warga seputar info-info bantuan dari kelurahan." Ucap Bapak Syafri

Meski sudah menyampaikan Protokol Kesehatan Covid-19 tidak jarang banyak warga yang tidak mau mengikuti aturan,namun RT setempat tetap mengingatkan pada warganya agar mereka tidak terpapar Covid-19 dan menularkan pada warga yang lain. Ini merupakan bentuk RT setempat dalam melindungin warganya dari serangan Virus.

"Ada beberapa yang engga,karna gak semua warga punya keperluan dan kepentingan yang sama. Paling kalo mereka gak ngikutin protokol saya tegur santai aja neng" Ucap Bapak Syafri.

VIDEO PILIHAN